10 Piranti Wajib Bawa Saat Perjalanan Jauh

Tuesday, 20 June 2017

Momen Lebaran sekaligus berlibur memang hal yang paling ditunggu semua orang. Di antara beberapa moda transportasi yang tersedia untuk mudik dan berlibur, sampai sekarang mobil masih menjadi primadona sebagai sarana angkutan saat bepergian. Selain karena alasan waktu keberangkatan dan pulang yang lebih fleksibel, masalah daya angkut juga menjadi pertimbangan dalam membawa keluarga. 

Saat bepergian jauh ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan. Misalnya saja barang-barang yang wajib Anda bawa selama perjalanan. Semakin lama Anda bepergian, tentu barang yang harus disiapkan juga semakin banyak. Tujuannya agar selama perjalanan semua penumpang tetap nyaman dan Anda tidak akan kesulitan. Berikut ini 10 hal yang wajib dibawa saat perjalanan jauh. 

1. Uang tunai dan non tunai 
Kedua jenis uang ini masih sama pentingnya. Uang tunai dibutuhkan untuk antisipasi transaksi yang masih menggunakan cara tradisional. Selain itu, uang elektronik perlu disiapkan untuk mempermudah dan mempercepat transaksi. Misalnya untuk melakukan transaksi di gerbang tol, atau membayar parkir. Selain itu uang elektronik juga bisa digunakan untuk transaksi di gerai minimarket hingga restoran modern. 

2. Dokumen penting 
Jangan lupa cek kelengkapan dokumen penting seperti KTP, SIM dan juga STNK. Walaupun sebenarnya sudah biasa Anda bawa sehari-hari dalam satu dompet, tapi perlu dicek juga misalnya masa berlaku dari masing-masing dokumen penting tersebut. 

3. Power bank dan charger mobil 
Saat ini gagdet menjadi barang yang penting, selain mampu memudahkan dalam perjalanan. Otomatis gadget menjadi barang wajib untuk dibawa. Tapi tak lengkap rasanya bila tidak membawa perangkat pengisi daya seperti power bank dan charger mobil.Sebisa mungkin, power bank yang dibawa juga berkapasitas besar, agar tidak perlu sering-sering kehabisan daya. Untuk charger mobil, pastikan perangkat yang digunakan yang memiliki kualitas baik agar tidak cepat rusak ketika digunakan dan juga tidak merusak gadget Anda. 

4. Perlengkapan P3K 
Istirahat yang cukup, pola makan yang teratur, serta mengkonsumsi vitamin dapat membantu meningkatkan stamina. Bawalah obat-obatan pribadi dan perlengkapan medis yang diletakkan dalam satu kotak P3K yang praktis untuk seluruh kebutuhan kesehatan. 

5. Tool Kit Standar
Pabrikan melengkapi tool kit sebagai bagian kelengkapan kendaraan. Peralatan standar bawaan pabrikan meliputi kunci pembuka roda, obeng plus minus, kunci pas berukuran 10 mm, 12 mm dan 14 mm, tang multiguna, towing hook dan dongkrak. 

6. Segitiga Pengaman
Perangkat segitiga pengaman berperan penting ketika ingin melakukan perbaikan darurat di pinggir jalan lantaran mobil mogok. Inilah salah satu peranti untuk berkomunikasi dengan pengguna jalan lain. Contoh kasusnya ketika mobil mogok, sebelum Anda memutuskan untuk memperbaiki, hendaknya pasang segitiga pengaman. Agar pengemudi lain mengetahui bahwa Anda sedang kondisi darurat.

7. Dongkrak
Dongkrak merupakan peralatan standar yang lazim ada di mobil. Ada dua macam dongkrak bawaan mobil. Jenis mobil-mobil yang pendek seperti sedan atau hatchback biasanya dilengkapi dengan dongkrak jenis gunting (scissor jack). Sementara mobil-mobil tinggi layaknya MPV atau SUV dilengkapi dengan dongkrak model botol (botle jack).

8. Ban Cadangan
Ban cadangan sudah menjadi peranti standar pabrikan. Pastikan Anda mengetahui posisinya agar memudahkan Anda saat akan menggantinya. Untuk penempatan ban cadangan di mobil, setiap jenis kendaraan memiliki tempat penyimpanan yang berbeda. Umumnya, jenis kendaraan seperti city car, hatchback dan sedan, pabrikan menempatkan ban cadangan pada ruang bagasi mobil. 

9. Kompresor Ban Portabel
Berkurangnya tekanan angin pada ban, bukan masalah sepele. Karena bisa menyebabkan ban meletus atau bocor saat berkendara. Akibatnya bisa ditebak, nyawa pun menjadi taruhannya. Telebih saat melakukan perjalanan mudik, ban kerap bekerja keras lantaran menempuh jarak yang cukup jauh. Untuk menambah tekanan angin, bisa menggunakan kompresor ban portabel yang banyak tersedia di gerai aksesori. Pengoperasiannya pun cukup mudah, karena kompresor ban portabel cukup menggunakan lighter sebagai suplai listrik 12V-nya. Dimensinya pun cukup kompak sehingga tak banyak menyita tempat ketika ditaruh di bagasi mobil.


10. Tire Repairing Kit
Selama perjalanan mudik, segala kemungkinan bisa terjadi. Termasuk ban yang bocor akibat paku atau kondisi jalan yang ekstrim. Lebih parahnya lagi, kejahatan ’ranjau paku’ pun bukannya tak mungkin ditemui selama mudik. Namun hal tersebut bisa diantisipasi dengan membawa alat penambal ban darurat atau tire repairing kit.