4 Jurus Mudah, Modifikasi Mobil Kecil

Monday, 10 October 2016

Mobil kecil yang rata-rata model hatchback seperti All New i20, Grand Avega atau Grand i10 akhir-akhir ini populer buat kalangan muda. Bentuknya yang sporty, dengan desain minimalis dan ukuran yang tidak terlalu besar membuat mobil ini ideal dikendarai di kota-kota besar yang macet dan jalan kecil. Dan sangat mudah didandani, tampil makin trendi dengan modifikasi.

Tampilannya yang kecil dan imut, menarik perhatian buat tampil lebih menarik dan beda dengan yang lainnya. Namanya mobil perkotaan dan bisa dipakai harian, tidak perlu modif gila-gilaan. Tujuannya sekadar untuk tampil beda, eye cathching dan menarik, tetapi tetap nyaman buat kendaraan harian. 

Ada beberapa ‘aturan’ gak baku yang harus dipahami ketika ingin memodifikasi mobil. 

Pelek

Mengganti pelek standar menjadi ‘kewajiban’ buat para pencinta modifikasi. Selain paling gampang, penggantian pelek cukup mendongkrak tampilan kaki-kaki mobil. Biasanya pelek standar digusur diganti dengan desain racing dan lebih sporty. Pilihan pelek pengganti perlu disesuaikan dengan warna dan tipe mobil supaya gak terlihat norak. Kalau ingin mengganti dengan ukuran yang lebih besar, penambahan ukuran tidak lebih dari 2 inci. Supaya tetap nyaman buat harian.

Bumper depan dan belakang

Kesan sporty makin lekat dengan penggantian bumper bagian depan dan belakang. Inspirasi biasanya dari tampilan mobil balap, tapi jangan lupa pahami kondisi jalanan yang dilalui sehari-hari. Jika jalan kurang mulus, atau berlubang, pikirkan lagi untuk mengganti bumper yang ceper, agar mobil gak nyangkut di lubang karena bemper yang terlalu rendah.

Kap mesin

Modifikasi tampilan kap mesin pada mobil kecil banyak dilakukan para penggemarnya. Ubahan tampilan pada kap mesin ini bisa diakali dengan penggunaan cuting sticker, tak perlu mengganti cat pada kap mesin. Selain biaya lebih murah, kalau bosan tinggal ganti dengan cutting sticker lain. Kalau mau ditukar pun, gak akan pengaruhi harga. 

Interior dan audio

Ubahan bagian ini biasannya hanya mengganti kulit jok. Penggantian kulit jok yang simpel dan mudah dibersihkan paling aman buat mobil kecil harian. Beda dengan mobil kontes yang ubahan joknya sampai gila-gilaan. Karena memang buat kontes aja. Termasuk audio. Mobil kontes pasti pasti jauh lebih heboh. Bahkan ‘memakan’ bagian jok dan bagasi kecilnya. Sedangkan untuk harisn audio cukup disesuaikan dengan ruang. Misalnya penggantian head unit atau penambahan speaker yang tetap mengacu pada fungsi mobil.