4 Langkah Praktis Merawat Pintu Geser

Friday, 02 June 2017

Pintu jenis ini bisa dijumpai pada berbagai mobil MPV di Tanah Air, salah satunya adalah Hyundai H-1. Seiring dengan masa pakainya, pintu geser kerap kali terasa berat atau bahkan macet saat dioperasikan. Dan ini bisa dijadikan patokan jika pintu geser sudah memerlukan perawatan. 

Salah satu kunci merawat pintu geser adalah, bisa dimulai dari mekanisme pergerakan pintunya. Berikut tips merawat mekanisme pintu geser agar lebih awet pemakaiannya.

1. Karena sering dibuka-tutup, perhatikan kondisi rel dan bearing pada pintu geser. Karena bagian ini sering terhambat atau macet. Otomatis, pelumasan sangat diperlukan agar rel dan bearing dapat terhindar dari kondisi aus. Pemberian gemuk (grease) mutlak diperlukan, tapi jangan terlalu banyak karena justru dapat membuat debu dan kotoran mudah hinggap.

2. Selain pelumasan, kondisi karet pintu juga mempengaruhi kondisi rel dan bearing-nya. Terlebih karena faktor cuaca (panas dan hujan) dalam jangka waktu panjang, dapat membuat kondisi karet getas dan sobek. Karet pada pintu geser juga berfungsi untuk mencegah agar air atau hawa panas masuk ke dalam rel atau bearing pintu. Jika karet pintu mengalami sobek, maka kotoran jadi lebih mudah masuk dan mengganggu mekanisme pintu geser.

3.  Untuk pencegahan, hindari membuka pintu dalam waktu lama. Hal ini bisa membuat karet terbuka lebar karena pergerakkan rel, sehingga debu rawan hinggap pada mekanisme pintu geser. Jika kotoran dan debu hinggap, tak hanya sulit dibersihkan, beban kerja pintu geser juga bertambah.

4. Masalah lain pada pintu geser dapat terjadi akibat perawatan yang keliru. Contohnya saat mencuci mobil dengan air bertekanan tinggi. Dikhawatirkan air yang deras dapat menyusup ke rel pintu. Akibatnya, cairan pelumas pada pintu dapat hilang. Hindari penyemprotan langsung ke arah mekanisme pintu geser. Sebaiknya berhati-hati saat mencuci mobil dengan air bertekanan tinggi, khususnya pada daerah seputar pintu geser.