4 Resep Wiper Panjang Umur

Saturday, 24 September 2016

  
Peranti mobil yang satu ini penting sekali, wiper. Terutama saat cuaca seperti ini, hujan panas tak terduga. Anda membutuhkan wiper untuk menyapu bagian kaca depan, tak hanya saat hujan, tapi juga membersihkan kotoran debu atapun minyak yang menempel di kaca. 

Karena kaca bening itu sangat penting untuk kenyamanan dan keselamatan, kondisi wiper juga mesti prima. Agar hasil maksimal, maka Anda bisa menerapkan resep perawatan untuk wiper melalui lima jurus ini.

Karet 
Bagian pertama yang harus diperhatikan adalah karet wiper mobil. Ini adalah bagian yang memiliki peranan penting untuk menyapu air hujan ataupun kotoran yang ada di kaca depan. Karena jika karet sudah mulai getas alias keras, maka bisa dipastikan bahwa daya sapuh dari wiper tersebut tidak akan normal. Nah jadi coba Anda cek dulu karet wiper mobil Anda, kalau sudah keras atau getas, maka Anda diwajibkan untuk mengganti peranti tersebut.
 
Jangan Dilap
Dalam melakukan perawatan kepada wiper mobil, rupanya ada sebuah rahasia yang belum diketahui oleh masyarakat. Jika Anda membersihkan karet wiper ini sendiri, maka jangan pernah mengelap bagian pinggir karet. Karena di bagian tersebut terdapat lapisan kimia yang berfungsi untuk menyapu kotoran dari kaca depan. 

Cairan Khusus 
Selanjutnya adalah saat membersihkan wiper, Anda bisa menggunakan cairan khusus, wiper fluid, agar hasil yang didapat lebih maksimal. Kurangi pemakaian air biasa dalam memberishkan karet wiper agar karet tidak mudah rusak. Oya, saat membeli cairan pembersih khusus wiper, jangan lupa untuk baca panduan penggunaannya. Ini penting, agar takarannya benar-benar pas. 

Pelumas Poros 
Jangan lupa semprotkan pelumas khusus pada bagian poros wiper. Ini berguna untuk menjaga kelancaran kerja wiper itu sendiri. Bisa menggunakan spray seperti WD Cleaner.