5 Cara Ampuh Mengatasi Kantuk Di Jalan

Monday, 18 September 2017

Mengantuk adalah sifat alami pada manusia dan merupakan kebutuhan dari tubuh untuk beristirahat. Namun menjadi bahaya ketika mengantuk dalam kondisi mengemudi. Sedetik terlelap sudah membawa bahaya besar terhadap keselamatan. Kalau sudah begini, sebaiknya kita segera menepikan kendaraan untuk beristirahat. Tujuannya agar rasa kantuk hilang dan tubuh kembali bugar. Berikut beberapa tips untuk mencegah kantuk ketika mengemudi.

 

1. Istirahat Cukup Sebelumnya

Rencanakan jam keberangkatan Anda dan usahakan tidur sekitar 10 jam sebelumnya. Dengan begitu Anda memiliki waktu tidur serta persiapan memadai. Istirahat cukup merupakan modal paling penting untuk menunda kantuk.

 

2. Hindari Musik Monoton

Mendengar suara yang monoton akan menyebabkan kantuk lebih mudah terjadi. Untuk itu hindari mendengarkan musik yang tipenya sama dari lagu ke lagu. Tak ada salahnya membuat daftar putar musik Anda dengan jenis yang bervariasi. Hal ini akan menstimulasi syaraf sehingga lebih lama terjaga.

 

3. Berbincang Dengan Penumpang

Ini merupakan cara yang efektif. Mengobrol akan membuat otak Anda bekerja lebih aktif dan menunda terjadinya kantuk. Namun hindari pembicaraan berat yang akan menyita seluruh pikiran Anda dari jalan. Obrolan ringan yang menyenangkan bakal lebih efektif.

 

4. Permainan Ringan

Ketika bahan pembicaraan habis, Anda juga bisa membuat permainan kecil bersama anggota keluarga lain di mobil. Permainannya simpel saja yang tak membutuhkan aktivitas fisik. Bisa juga dengan membuat teka teki lucu. Intinya, keceriaan akan membuat Anda lebih tahan terhadap kantuk.

 

5. Minum Air Putih

Salah satu penyebab kantuk adalah kelelahan tubuh. Di lain sisi, salah satu penyebab kelelahan tubuh adalah dehidrasi. Saat berada di mobil dengan AC, suhu sejuk membuat kita tak mudah merasa haus. Tapi tanpa disadari cairan tubuh terus berkurang. Minumlah air putih secara berkala untuk menjaga kadar air dalam tubuh tetap terjaga.