7 Kebiasaan Ini Jamin Bisa Jual Mahal

Tuesday, 01 November 2016

Berencana ganti mobil dan menjual mobil lama? Agar mobil lama Anda dilirik dan ‘jual mahal’ di pasaran, jangan asal jual. Tapi ini memang perlu kebiasaan dan perlakuan dalam jangka waktu lama. Tapi hasilnya, walaupun mobil lama, kalau tetap dijaga agar tampilan dan performa tetap oke, harganya pun enggak akan terbanting. 
Ini dia beberapa jurus yang bisa Anda lakukan agar mobil seken Anda bisa menembus harga di atas pasaran. 

 

1.Merawat Mesin 
Calon pembeli biasanya akan langsung melihat kondsi mesin mobil. Kalau kondisi mesin bagus, calon akan menjadi pertimbangan utama. Mobil tanpa berbagai rembesan di dalam mesin akan menjadi nilai utama harga mobil. Untuk itu, rawat mesin dengan teratur dan baik adalah kuncinya dengan rajin mengganti oli, air radiator dan memperlakukan mesin dan mobil dengan baik saat berkendara. 

 

2. Menjaga Keaslian Bodi Dan Cat
Bagian bodi mobil yang bagus dan cat yang masih asli akan mendongkrak nilai jual mobil. Hal ini juga menjadi indikator kalau pemiliknya melakukan perawatan dan menggunakan mobil dengan baik, tak pernah atau jarang mengalami kecelakaan.  Mobil yang pernah dicat ulang menimbulkan pertanyaan, apakah kondisi banyak penyok dan baret atau pernah tabrakan.

 

3. Cegah Bunyi Aneh Di Mobil
Suara aneh dan bunyi-bunyian yang ada di dalam kabin maupun di bagian luar juga akan menjadi pertanyaan bagi calon pembeli. Dari pintu-pintu, power window, koncol hingga kaki-kaki dan rem. Sangat disarankan untuk melakukan pengecekan secara rutin bagian-bagian tersebut. 

 

4. Mempertahankan Kenyamanan Kabin Dan Suspensi
Calon pembeli pasti akan melakukan tes jalan sebelum memutuskan. Kenyamanan kabin tidak hanya dari tampilan jok yang masih utuh. Tetapi juga pendingin ruangan (AC) yang baik dan berfungsi maksimal. Termasuk juga audio dengan tombol yang tetap terjaga serta aroma kabin yang masih segar dengan kebersihan bagian dalam mobil, mulai dari dashboard hingga karpet lantai. Kenyamanan makin lengkap saat mengetes mobil dengan peranti suspensi yang masih oke. 

 

5. Kelengkapan Surat
Setelah memastikan kondisi mesin, bodi, cat, hingga berbagai fitur pelengkap mobil, biasanya calon pembeli mencermati kelengkapan surat-surat kendaraan. Oleh karena itu, jaga dan simpan dengan baik buku panduan, buku servis, nota pembelian, faktur pajak, polis asuransi, BPKB serta Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK). Pastikan semua dokumen tersebut dalam kondisi baik dan terawat.

 

6. Penambahan Aksesori
Tambahan aksesori akan membantu mendongkrak harga jual mobil. Khususnya aksesori yang dianggap sebagai genuine parts dan aksesoris.  Misalnya, dengan penambahan kaca film dengan brand tertentu yang dikenal masyarakat dan terkenal kualitasnya yang premium.

 

7.  Jujur Terhadap Kondisi Mobil
Ketika hendak menjual mobil sebaiknya jujur terhadap kondisi mobil, walaupun itu pahit. Tetapi pembeli menyukai penjual yang jujur.