8 Kuliner Nikmat dan Menggugah Selera Khas Sumatera

Tuesday, 20 June 2017

Pulau Sumatera yang terdiri atas beberapa provinsi ini memiliki  budaya dan tradisi yang berbeda-beda. Begitu pula dengan kulinernya. Kelebihan dari kuliner Sumatera adalah bumbu rempah yang kental. Beberapa diantaranya dikombinasikan dengan rasa pedas dan gurih yang membuat semua orang jadi ketagihan. Ini dia 8 kuliner nikmat dan menggugah selera khas Sumatera.
 
Nasi Kapau 
Bagi pecinta kuliner Minang tentu tidak asing dengan Nasi Kapau yang mengambil nama dari wilayah asalnya, Kapau. Nasi kapau terdiri atas nasi, sambal, lauk pauk dan gula nangka. Nasi Kapau paling terkenal di Sumatera Barat ada di Pasar Lantai Wisata – Bukit tinggi. 

Mie Aceh 
Kuliner asal Aceh tidak hanya terkenal di seluruh Indonesia tapi hingga ke manca negara. Yang menjadi ciri khas dari Mie Aceh adalah bumbunya yang kaya rempah. Mie Aceh tersedia dalam dua jenis, goreng dan kuah. Mie yang digunakan pun mie kuning tebal dan ditambah dengan seafood, irisan daging sapi atau daging kambing dan disajikan dengan kuah kari yang gurih. Tak lupa ditaburi bawang goreng, kerupuk dan irisan bawang merah mentah. 

Tempoyak 
Sebagai daerah penghasil duren terbaik di Indonesia, kuliner asal Lampung pun menggunakan bahan dasar duren. Tempoyak merupakan duren yang difermentasi selama 3-5 hari. Tempoyak bisa dibuat  sambal. Dengan rasa yang asam dan sedikit manis, tempoyak bisa dipadukan dengan ikan teri, ikan patin dan jenis ikan lainnya. 

Pendap 
Salah satu menu kuliner khas kota Bengkulu adalah Pendap. Pendap merupakan ikan kembung yang dibungkus dengan daun pisang dan dicampur aneka bumbu rempah, santan dan parutan. Rasanya ikan yang sepintas mirip pepes ini adalah pedas dan gurih. 

Lempah Kuning Bangka 
Daerah Bangka dikenal dengan kulinernya yang menggugah selera, salah satu yang popular adalah Lempah Kuning. Menu ini adalah masakan sup gurih dengan bahan utama ikan kerapu yang campur dengan aneka bumbu dan ditambah dengan irisan tomat dan nanas yang memberikan cita rasa segar dan gurih. Lempah Kuning paling cocok dimakan dengan nasi panas. 

Pempek 
Salah satu kuliner asal Palembang yang sangat terkenal di Nusantara bahkan manca negara. Kuliner dengan bahan dasar ikan ini terdiri atas beberapa jenis, yaitu pempek lenjer, pempek telor, pempek keriting, pempek pistel dan banyak lagi. Pempek dinikmati dengan tambahan bumbu cuko yang asam manis. 

Soto Medan 
Kuliner Nusantara memiliki berbagai jenis soto, salah satunya yang terkenal adalah Soto Medan. Yang membedakan Soto Medan dengan soto lain adalah kuah sotonya yang lebih kental karena dicampur dengan santan dan berwarna kuning. Soto Medan bisa tersaji dalam dua jenis; soto daging dan soto ayam. Kadang Soto Medan dihidangkan dengan suwiran ayam, kentang goreng, emping  dan telor rebus. 

Gulai Ikan Patin 
Ikan patin adalah salah satu ikan yang mudah ditemui di perairan sungai Riau. Tidak heran kalau menu ini yang menjadi kuliner terkenal di daerah Riau. Gulai Ikan patin berbeda dengan gulai daging pada umumnya karena memakai santan.  Ciri khas dari gulai ikan patin Riau ini adalah kuahnya yang berwarna kuning dan ikan patin dihidangkan dalam potongan-potongan besar.