Aneka Pelapis Interior, Ini Plus Minusnya

Thursday, 01 September 2016

Duduk di mobil dengan jok yang nyaman dan bersih, tentu bikin pengendara dan penumpangnya betah. Sehingga kebersihan interior mobil sangat menentukan kenyamanan di dalam mobil. 

Ngomongin soal kenyamanan, gak lepas dari perawatan jok. Jok yang bersih dan rapi tentu bikin kabin nyaman dan betah. Cara perawatan setiap bahan jok tentu berbeda, tergantung dari bahan joknya.  Tetapi kini telah banyak tersedia berbagai cairan baik berbentuk spray maupun foam yang bisa membantu membersihkan dan merawat jok berbagai bahan. 

Jok dengan bahan fabric, yaitu bahan kain yang agak tebal tetapi mudah kena kotor dan agak sulit membersihkannya. Kalau kamu suka bahan ini, wajib rajin membersihkan. Kena kotor langsung bersihin. Apalagi kalau kena noda seperti minyak, harus langsung dilap dan kalau perlu semprot dengan cairan  pengangkat minyak dan kotoran yang banyak dijual ada di pasaran. 

Jok kulit, walaupun relatif lebih aman dari noda, sebaiknya lakukan pembersihan secara rutin. Untuk perawatan biasa, cukup dilap menggunakan camois  yang bersih. Penggunaan cairan pembersih untuk membantu merawat kekenyalan kulit. Agar tetap apik. 

Jok semi kulit atau syntetic leather, walau lebih murah daripada jok kulit asli, perawatan syntetic leater gak jauh beda dengan jok bahan kulit. Kalau kena noda, gunakan cairan yang nggak mengandung detergen dan atau alkohol. Karena kandungan tersebut bisa merusak kulit, gampang pecah. Selain itu, biasakan memarkir di tempat teduh. Bahan jok ini lebih mudah pecah jika terlalu sering terpapar panas matahari.