Apa Itu Electric Parking dan Auto Hold di Hyundai Santa Fe?

Thursday, 28 February 2019

Hyundai Santa Fe terbaru punya fitur yang disebut Electric Parking dan Auto Hold. Apa fungsinya? Seperti namanya, fitur electric parking adalah rem yang umum dikenal dengan rem tangan.

Sejatinya, penyebutan yang betul adalah rem parkir. Hanya, orang lebih terbiasa menyebutnya rem tangan. Pada sejumlah mobil, khususnya dari Eropa, rem parkir ada yang diposisikan di kaki, dengan pedal tambahan di ujung kiri.

Imbuhan nama Electric menandakan sistem yang digunakan untuk rem parkir itu sudah terelektrifikasi. Tak lagi sistem manual dengan menarik tuas rem parkir dengan tangan.

Pengguna cukup menekan atau menarik tuas kecil di konsol tengah, dengan logo huruf P di dalam lingkaran, untuk melepas atau mengaplikasikan rem parkir. Bisa juga langsung memberi sedikit tekanan pada pedal akselerator untuk melepas rem parkir.

Sistem kerjanya mirip dengan rem parkir konvensional. Bila pada rem parkir non-elektrik, ketika tuas ditarik, kabel yang terhubung dengan rem di roda belakang akan mengencang. Efeknya kemudian rem bakal meremas dan menahan roda sehingga tidak bisa bergerak. Sedang pada electric parking brake, mekanisme sudah lebih canggih. Motor pada tiap kaliper rem bakal meremas brake pad dengan cakram ketika diaktifkan. Itu alasan terdengar bunyi di bagian roda ketika mengaktifkan atau mematikan electric parking brake.

Sementara fitur Auto Hold memang kerap menempel dengan Electric Parking Brake. Fungsi Auto Hold, ketika dinyalakan, bakal mencegah mobil menyelonong mundur ketika harus berhenti atau memulai jalan di tanjakan. Fitur bakal mengambil alih pengereman dan mengunci rem, setelah mobil berhenti dan pengemudi menahan rem selama beberapa saat. Kalau tekanan pada rem kaki kurang, Auto Hold bakal menambah daya cengkeramnya.

Fitur Auto Hold lebih aman dan nyaman ketika harus berhenti di jalan menanjak. Kondisi ideal, mobil tidak berhenti terlalu lama di tanjakan. Misal saat kena macet sementara jalanan menanjak. Kalau berhenti dan parkir dengan kondisi sama, sewajarnya menggunakan rem parkir elektrik.