Atur Tekanan Udara Ban Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh

Thursday, 27 December 2018

Akhir tahun seperti sekarang ini sudah pasti banyak masyarakat yang berlibur. Selain menggunakan alat transportasi umum, banyak juga yang membawa mobil sendiri ke tempat tujuan atau wisata.

Namun, perlu diketahui berbagai macam persiapan jika membawa mobil sendiri cukup banyak. Paling utama yang tidak kalah penting dari mengecek kondisi seluruh mobil, yaitu mengatur tekanan udara pada ban.

Sebab, jangan sampai kelebihan ataupun kekurangan tekanan udara. Apalagi melakukan perjalanan jarak jauh, tekanan atau ukuran udara pada ban harus pas, karena kalau kurang udara yang dikhawatirkan bisa meletus.

Sebab, bukan kelebihan tekanan udara yang menyebabkan ban tersebut meletus, tetapi justru kekurangan angin atau tekanan udara.

Sebaiknya, apabila Anda ingin melakukan perjalanan jauh, ikuti aturan yang sudah direkomendasikan oleh setiap pabrikan otomotif. Biasanya, ukuran ban mobil Anda tertera di daun pintu bagian depan.

Ikuti saja aturan itu, jangan mengurangi atau melebih-lebihkan. Sebaiknya juga setelah menempuh perjalanan beberapa jam, tekanan angin pada ban dicek lagi di tempat istirahat atau rest area. Apabila kurang maka tinggal diisi lagi saja biar perjalanan Anda tetap aman.

Sebab, selama di perjalanan bisa jadi tekanan udara pada ban mobil Anda berkurang. Jadi demi keamanan dan keselamatan bersama, lebih baik selalu dicek.