Ban Benjol, Korban Jalanan Berlubang

Friday, 30 September 2016

 
Ban merupakan bagian vital yang tak boleh diabaikan kondisinya, harus dijaga selalu prima. Ban merupakan salah satu bagian yang menjadi penyebab utama kecelakaan di jalan raya. Tak hanya soal tekanan, kondisi serat-seratnya pun mesti diperhatikan. 

Salah satu permasalahan yang sering muncul adalah adalah permukaan samping yang benjol. Nah, ini mungkin pernah Anda alami. Apa sih penyebabnya? Kondisi seperti ini bisa disebabkan karena tekanan ban yang tidak merata atau Anda baru saja menghantam jalanan berlubang.
 
Ketika Anda menghantam lubang, maka yang terjadi adalah bibir ban terjepit antara pelek dan permukaan jalan yang rusak. Akibatnya, kawat pada bagian sisi ban putus dan ini yang menyebabkan benjol di bagian sisinya. Jika sudah demikian, jangan memacu kendaraan dalam keadaan tinggi, usahakan untuk berkendara secara aman dan pelan.
 
Bukan tidak mungkin jika Anda memacu kendaraan Anda dalam kecepatan tinggi, maka mobil Anda akah kehilangan kestabilan dan bisa memicu kecelakaan. Jika sudah mengetahui sisi ban Anda benjol, jangan ditawar lagi, sebaiknya lakukan penggantian. Karena kondisi seperti ini tidak bisa diperbaiki.