Ban RFT Sekarang Sudah Bisa Ditambal?

Saturday, 18 February 2017

Salah satu kemajuan teknologi dalam perkembangan ban adalah hadirnya ban Run Flat Tire (RFT). Ban ini mampu diajak melaju meskipun ban kempes total. Hal ini bisa terjadi karena karakteristik karetnya lebih kuat dibanding ban biasa. Namun, tidak sedikit yang mengeluh karena ban jenis ini tidak bisa ditambal.

Jika ban jenis ini bocor, maka Anda diminta untuk membeli yang baru lagi untuk menggantinya. Masalahnya, harga ban RFT lebih mahal dibanding ban jenis biasa. Untuk itu, pabrikan ban Bridgestone mengembangkan ban RFT yang sudah bisa ditambal, yakni tipe Potenza RE050A RFT.

Tapi dengan syarat, bukan karena tumbukan langsung dengan benda keras atau karena ban kurang angin lalu menghantam lubang hingga menimbulkan luka di bagian pinggir dan dinding ban.

Untuk menambal ban RFT paling tepat dilakukan di bengkel ban. Caranya dengan sistem tambal dari dalam, bukan tusuk dari luar, atau biasa juga dikenal dengan istilah tambal tip-top. Harga penambal ban dari dalam tidak terlalu mahal, sekitar Rp 70 ribuan saja.

Sayangnya, Bridgestone belum mengembangkan ban ini untuk segala jenis mobil. Baru mobil-mobil tertentu saja yang bisa memakai ban jenis ini.