Begini Cara Merawat Cat Mobil Agar Tidak Cepat Terlihat Kusam

Thursday, 20 September 2018

Bagi pemilik mobil, merawat cat kendaraan kesayangan merupakan hal yang wajib dilakukan. Dengan begitu, mobil tidak gampang terlihat kusam dan cat tidak gampang terkelupas meskipun umur mobil sudah tua.

Sejatinya, melakukan perawatan cat mobil tidak cukup hanya mencuci dan poles secara rutin. Ada perlakuan khusus yang harus dilakukan si empunya roda empat, dan berikut cara yang harus dilakukan untuk melindungi warna mobil agar tetap terlihat mengkilap dan bagus:

1) Sinar Matahari

Seperti diketahui, mobil yang sering terkena sinar ultraviolet (UV) dari matahari dalam waktu yang lama dapat merusak cat, sehingga mobil terlihat kusam.

Cara mengatasi hal tersebut cukup mudah, yaitu jangan parkir mobil di area yang terkena langsung matahari. Sebisa mungkin, cari tempat parkir yang teduh, seperti di bawah pohon atau di bawah atap. Jangan lupa, parkir di tempat yang terlalu lembab juga tidak bagus untuk cat mobil, dan dapat menyebabkan jamur bahkan sampai interior.

2) Air hujan

Untuk faktor kedua yang dapat menyebabkan cat pudar, adalah air hujan. Pasalnya, air hujan mengandung asam yang jika tidak langsung dibersihkan dapat menyebabkan bercak pada mobil.

Nah, cara untuk menghindari hal tersebut, jika mobil habis terkena air hujan sebisa mungkin langsung dibersihkan. Terlebih, saat mobil digunakan saat hujan turun, pastinya ada kotoran atau debu yang menempel, dan langsung membersihkan mobil adalah pilihan yang sangat tepat.

3) Shampo dan Polish

Untuk merawat cat mobil agar tetap mengkilap, pilihlah shampo dan polish (semir mobil) yang tepat. Menggunakan produk bermerek dengan reputasi baik adalah pilihan yang sangat tepat.

Shampo dan polish dengan kualitas yang buruk, mengandung zat yang berbahaya yang dapat membuat cat mobil cepat terlihat kusam. Jadi, pilihlah shampo dengan PH balance, sedangkan untuk polish, jangan pilih yang dapat menggerus permukaan cart, karena permukaan cat terdapat vernis yang dapat mengkilapkan mobil.

4) Air garam

Untuk pemilik mobil yang tinggal dekat pantai, hindari penggunaan air yang biasanya sedikit asin untuk mencuci mobil. Pasalnya, air laut yang mengandung banyak garam dapat membuat mobil berkarat, dan pastinya merusakan cat mobil.

5) Wax

Pemilik mobil yang tidak ingin catnya gampang kusam, setelah mengikuti tips sebelumnya, ada baiknya menggunakan perlindungan terakhir, yaitu wax. Dengan memoles mobil dengan wax, bakal melindungi cat mobil lebih lama.

Tapi perlu diketahui, memoles mobil dengan wax juga jangan terlalu sering, karena ada kemungkinan wax tidak cocok dengan cat mobil. Sebaiknya, pemakaian wax cukup dua atau tiga bulan sekali.