Beli Mobil, Budget Itu Penting. Tapi...

Thursday, 18 August 2016

Berkunjung ke pameran mobil seperti GIIAS 2016 siapa sih yang enggak terpesona dengan tampilan mobil-mobil baru. Jika Anda tertarik mau ganti mobil, tentu saja budget menjadi pertimbangan utama. Begitu memutuskan beli mobil, ada berbagai biaya yang mesti dikeluarkan. Dari DP, cicilan, servis setelah masa garansi habis hingga pajak tahunannya. 

Tetapi selain budget, masih  ada beberapa hal lain yang perlu menjadi pertimbangan juga. Diantaranya, pilih leasing yang tepat. Patokannya cukup mudah, bandingkan semua penawaran mereka. Pertimbangkan leasing yang memberikan penawaran menarik. Dari jumlah DP, angsuran hingga bonus atau program promo.  

Selain leasing, lihat dealernya. Apalagi di pameran, sales dealer bisa perang diskon. Mereka juga kejar target jualan selama pameran. Nah, kalau jeli konsumen bisa memanfaatkan persaingan ini dan mendapat diskon dan bonus menarik lho. Tetapi biasanya ini tidak berlaku buat mobil yang baru diluncurkan di pameran.  

Setelah pertimbangkan hal itu, pilih mobil yang punya karakter. Tidak hanya selera, tapi juga berkaitan dengan gaya hidup, kebiasaan hingga latar belakang pribadi. Mobil untuk dipakai sendiri, ada keluarga, anak-anak atau dewasa semua, lingkungan yang banyak dilewati dan sebagaikan. Sesuaiakn kebutuhan dan ketahui keunggulan mobilnya. 

Jangan hanya tergiur dengan diskon harga dan bonusnya. Pelajari soal suku cadangnya, karakter bahan bakar, jaringan bengkelnya, dan lain-lain. Setelah dapat, jangan sampai lupa melakukan test drive. Di ajang pameran seperti GIIAS, hampir semua pabrikan menyediakan unit untuk calon pembeli yang ingin melakukan test drive. Gunakanlah kesempatan ini untuk mengetahui performa dan karakter mobil lebih dalam. 

Terakhir, jangan lupa soal asuransi. Kalau membeli melalui leasing biasanya asuransi sudah tercover.  Tetapi jika membeli mobil secara tunai, cari lagi informasi yang lengkap mengenai asuransi mobil yang bisa diandalkan dengan berbagai layanannya.