Brake Cleaner, Bersih Pangkal Presisi

Thursday, 29 September 2016


Brake cleaner merupakan cairan yang berfungsi membersihkan sistem pengereman dari kotoran dan debu yang bisa mengganggu kinerja sistem pengereman. Sebagai bagian dari keamanan berkendara, perawatan sistem rem merupakan hal wajib. Perawatan mesti rutin dilakukan setiap 20.000 km. 

Untuk membersihkannya atau servis rem, datangi bengkel dan lakukan pembongkaran serta perawatan. Walau begitu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan sendiri. Terutama buat yang suka utak-atik kendaraan, dengan brake cleaner.

Penggunaan brake cleaner cukup gampang.  Pembersih yang dipatok seharga sekitar Rp 90-ribuan ini umumnya non flammable, aman saat disemprotkan. 

Setelah membuka ban dan sistem pengereman di bagian roda, semprotkan bagian permukaan disc brake dan kaliper.  Debu dan kotoran akan rontok bersama cairan. Jangan lupa gunakan sarung tangan dan masker. 

Untuk jenis rem teromol, buka tutup rem dengan cara diketok pakai palu. Jika sudah terbuka semprotkan brake cleaner di bagian permukaan teromol dan pada tutupnya. Setelah disemprot, kembalikan seperti semula. 

Sebelum digunakan untuk jalan, tes dengan menekan pedal rem berkali-kali, lalu lanjutkan dengan pengetesan jalan.