Bukan Cuma Helm, FHR dan HANS Juga Wajib dalam Balap Mobil

Friday, 06 January 2017

Meskipun terlindung di dalam mobil, tapi seorang pembalap tetap diwajibkan memakai helm saat mengikuti balap mobil. Tentunya hal ini untuk keselamatan dan mengurangi resiko cedera pembalap tersebut. Dalam balap mobil, bukan hanya helm saja yang penting, tapi FHR dan HANS juga tidak kalah penting.

Helm untuk balap mobil berbeda dengan balap motor, apalagi mobil rally. Untuk mobil rally, pembalap diperbolehkan menggunakan helm half face atau full face. Helm ini juga dilengkapi dengan intercom untuk berkomunikasi dengan co-driver yang berada di samping pengemudi.

Helm ini dilengkapi dengan pengait yang disambungkan ke pelindung leher. Sistem pengait ini disebut juga dengan FHR (Frontal Head Restraint). FHR mampu meminimalisasi cedera jika pembalap mengalami tabrakan, agar leher tidak bergerak maju terlalu mendadak dan tertahan dengan pelindung leher.

Pelindung leher ini disebut juga dengan HANS (Head and Neck Support). FHR dan HANS sudah diwajibkan untuk selalu dipakai setiap pembalap mobil, baik World Rally Championship maupun Formula 1, dan banyak ajang balap nasional dan internasional lainnya.

FHR dan HAN Sini juga harus memenuhi syarat. Selain kuat, tapi juga harus bisa dengan mudah dan cepat untuk dilepas atau dipasang.