Cairan Wiper, Kenapa Air Saja Tak Cukup?

Saturday, 24 September 2016


Cairan wiper penting untuk membantu membersihkan kaca. Air saja tak akan maksimal membantu membersihkan kaca. Malah kadang hanya meratakan kotoran yang nempel di kaca dan mengganggu pandangan pengendara.  Kenapa begitu?

“Liquid wash wiper mengandung zat-zat tambahan yang berfungsi membersihkan permukaan kaca,” terang Peter Dionius dari PT Autochem Industries, pemegang merek Prestone di Indonesia.

Kotoran yang menempel di kaca mobil, bisa bermacam-macam dan banyak mengandung minyak. Tak hanya debu jalanan, tapi juga dari asap knalpot kendaraan lain. Zat kimia yang terkandung di dalam cairan wiper ini mampu mengangkat kotoran di kaca, baik debu, minyak maupun kotoran membandel yang seringkali tidak bisa dibersihkan hanya dengan air. 

Bahkan beberapa produk yang dipasarkan di negara 4 musim dilengkapi dengan anti freeze sehingga permukaan kaca tidak beku dan wiper tetap dapat bekerja maksimal. Selain itu, konsentrat dalam cairan wiper juga mampu membantu membersihkan pipa saluran dan pompa dari tabung ke wiper. 

Kalau dengan air saja, pada saluran lama-lama akan tumbuh lumut yang bisa menghambat aliran cairan ke wiper. Makanya, cairan wiper selain menjaga kaca bersih juga membantu ‘mengamankan’ saluran dan pompa.