Cara Pakai Head Unit Apple Car Play

Friday, 04 November 2016

Fitur CarPlay sudah diaplikasi pada beberapa tipe mobil Hyundai. Dengan Car Play, memindahkan fitur-fitur di dalam iPhone ke mobil sangat mudah, pengendara dan penumpang bisa melakukan banyak hal. Memilih musik, membaca pesan sekaligus membalasnya, melihat rute jalan dengan Apple Maps, melakukan panggilan telepon dan masih banyak lainnya. 

Jadi dengan Apple CarPlay salah satu cara paling pintar dan aman untuk menggunakan iPhone di dalam mobil. Karena pengendara bisa mengoperasikan  dengan perintah suara, menyentuh layar atau menggunakan tombol-tombol yang ada di mobil.

Untuk mengaktifkan fitur CarPlay juga tak terlalu sulit kok. Hanya saja, pastikan semua setting sudah benar.  Koneksikan ke head unit dengan kabel USB melalui menu input/output. Lalu pilih menu Setup dan aktifkan device di posisi iPhone. Pastikan mode Apple CarPlay dalam posisi On.

Tidak semua aplikasi di iPhone atau iPod akan tampil di head unit. Beberapa aplikasi standar yang ter-install seperti telepon, musik, peta navigasi (maps), pesan, serta now playing. Hanya saja, fitur navigasi (Apple maps) di Indonesia masih kurang mendukung. 

Kalau di mobil Anda head Unit belum mendukung untuk fitur ini, Anda bisa menggantinya dengan beberapa produk aftermarket yang sudah didukung fitur CarPlay, yang harganya pun bervariasi.