Cek 5 Cairan Ini Sebelum Berangkat

Thursday, 20 October 2016

 
Ada ritual khusus yang harus Anda lakukan sebelum berkendara. Bukan hanya sebelum berkendara, ada baiknya sebelum Anda memanaskan mesin kendaraan, terlebih dahulu melakukan pengecekan terhadap lima cairan wajib berikut. Cairan tersebut di antaranya adalah bensin, oli yang meliputi oli mesin, oli power steering dan oli transmisi, air radiator, cairan wiper dan minyak rem.
 
1.Bensin
Bensin di dalam tangki kendaraan Anda juga harus dicek sebelum melakukan perjalanan. Pasalnya, dengan mengecek terlebih dahulu, Anda bisa memastikan kapan Anda harus isi bensin atau sampai sejauh mana mobil Anda bisa berjalan. 

2.Oli 
Oli mesin ini wajib hukumnya untuk dicek setiap pagi. Selain meihat tingkat kekentalan oli, dalam pengecekan tersebut Anda juga bisa melihat apakah oli mesin tersebut berkurang atau tidak.
 
3.Oli Transmisi & Power Steering
Ini akan berguna untuk kelangsungan berkendara Anda selama di perjalanan. Sementara untuk oli power steering, jika takaran oli sudah berkurang, Anda bisa langsung menambahkan oli tersebut sampai batas maksimal pada wadah oli power steering yang ada di bagian mesin.
 
4.Air Radiator & Wiper
Selain oli, air radiator pun menjadi ritual wajib sebelum Anda memanaskan mesin mobil. Cek seberapa banyak air yang ada pada radiator tersebut, Anda juga bisa melihat dari wadah penampungan air radiator yang diletakan terpisah dari radiator tersebut. Isilah hingga batas yang disarankan, jangan terlalu berlebihan. Sementara untuk cairan wiper juga masuk dalam list yang harus Anda cek sebelum berkendara.
 
Hal ini penting karena ketika kaca mobil Anda terkena kotoran, dengan sigap Anda bisa langsung menyapu kotoran tersebut menggunakan air wiper. Biasanya air wiper ini memiliki formula khusus. Bisa Anda bayangkan ketika air wiper Anda kosong, dan kaca depan Anda kotor? Bisa jadi kaca depan atau blade wiper Anda yang akan rusak.
 
5.Minyak Rem
Untuk sebagian mobil, biasanya tabung untuk menyimpan minyak rem ini mengalami pengurangan. Jika sudah terlihat mengurang, maka Anda langsung bisa menambahkan minyak rem tersebut. Di samping itu, perhatikan juga spesifikasi DOT untuk minyak rem mobil Anda. Sesuaikan dengan apa yang disarankan dari bengkel resmi kendaraan Anda.