Cruise Control, Bikin Efisien BBM & Tenaga Kaki!

Saturday, 15 October 2016

 
Bicara teknologi yang ada pada kendaraan, saat ini para produsen mobil telah membekalinya dengan segudang fitur menarik, salah satunya yang sering kita dengar adalah Cruise Control. Sebetulnya apa sih teknologi cruise control tersebut? 

Di Hyundai, teknologi ini dikenal dengan nama Smart Cruise Control. Secara umum, cruise control ini berfungsi sebagai fitur yang menjaga tingkat kestabilan kecepatan mobil secara konstan. Dengan fungsi tersebut, maka pengemudi akan dibantu oleh fitur tersebut untuk menjaga kecepatan tanpa harus menginjak pedal gas secara terus menerus dalam berkendara jarak jauh. 

Biasanya, fitur cruise control ini disematkan pada mobil menengah ke atas. Untuk posisinya, fitur ini biasanya terletak di batang kemudi atau berupa tuas yang ada di bawah kemudi. Cruise Control ini akan sangat memudahkan pengemudi ketika sedang berada di jalur bebas hambatan alias tol, karena Anda tidak perlu menekan pedal gas dalam waktu yang lama.
 
Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam menggunakan fitur ini. Sebab, ada batas minimum kecepatan untuk mengaktifkan cruise control. Biasanya, pengendara bisa menggunakan fitur ini dalam kecepatan 80 kpj. Jadi setelah fitur ini digunakan, maka laju mobil akan konstan pada kecepatan tersebut. 

Selain memudahkan pengendara, fitur ini juga ternyata dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar. Hal ini dikarenakan putaran mesin yang stabil, sehingga bahan bakar yang digunakan lebih kecil. Sistem cruise control ini bekerja dengan cara membaca sensor kendaraan yang biasanya terdapat di bagian drivershaft kopel, speedometer dan sensor yang terletak di tachometer. 

Kendati demikian, ada hal lain yang harus Anda pahami. Untuk medan jalan yang menanjak dan menurun serta berkelok, sebisa mungkin jangan gunakan fitur ini. Sebab, ketika Anda menggunakannya pada medan tersebut Anda akan sering menginjak pedal rem yang artinya bisa menonaktifkan sistem cruise control tersebut.