Cuaca Tidak Menentu, Jangan Sampai Bodi Buluk

Thursday, 04 August 2016

Saat ini iklim Indonesia bisa dibilang berubah-ubah tidak menentu. Sebentar panas, lalu sesaat kemudian hujan deras. Jangan disepelekan loh. Perubahan cuaca seperti ini juga berdampak pada penampilan mobil. 

Karakter cuaca hujan dan panas,  memiliki intensitas yang berbeda. Perubahan ekstrem ke ekstrem ini bisa berdampak langsung pada cat kendaraan. Agar bodi tetap berkilau, ada beberapa hal yang mesti dilakukan dengan lebih detail dan sering.

Yang pertama soal kebersihan. Setelah kehujanan, sebisa mungkin begitu sampai di rumah langsung guyur seluruh permukaan bodi mobil dengan air bersih. Ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang menempel bersama air hujan. Hal ini juga bermanfaat menyapu kotoran yang tidak bisa terjangkau oleh tangan, seperti roof mobil. 

Agar warna tetap berkilau pada mobil anda, bilas dan cuci mobil dengan produk yang tepat. Gunakan shampo khusus mobil. Jangan pakai sembarang cairan pencuci. Bukannya mengkilap, lama-lama malah warna jadi kusam.

Bagaimana kalau cuaca panas terik? Efeknya sama dengan cairan yang salah, buluk. Udara panas yang langsung menghantam cat mobil juga membuat warna cat menjadi kusam. Agar efek kilau cat mobil anda tetap menarik, walau kadang hujan, tetap gunakan produk perawatan yang diformulasikan khusus cuaca panas. 

Gunakan wax yang sesuai dengan karakter cat mobil anda. Hal yang terpenting adalah anda selalu melakukan pencucian mobil ataupun perawatan secara berkala, hal nantinya akan berdampak pada kesegaran cat mobil anda. Dalam kondisi cuaca tak menentu ini, mau tak mau harus lebih rajin bersih-bersih. Lebih baik repot, daripada bodi buluk.