Dahsyatnya Performa Hyundai All New Tucson XG CRDi

Tuesday, 06 June 2017

Kehadiran All New Tucson CRDi EVGTurbo membawa nuansa baru bagi industri otomotif di Tanah Air. Bukan hanya modelnya yang fresh, tapi juga kualitas yang dihadirkan semakin baik. Generasi terbaru Tucson ini dibekali dengan mesin diesel berkapasitas 1.995 cc dengan torsi dahsyat 400 Nm pada putaran mesin 1.750-2.750 rpm. Namun, sebelum mencicipinya, mari kita bedah profil eksterior dan interiornya terlebih dahulu. 

Eksterior
Salah satu hal yang menarik dari Tucson yakni Daytime Running Lamp (DRL) yang tersemat pada bumper depan. Fungsinya memang layaknya DRL, tak seperti beberapa pabrikan lain yang menganggap DRL hanya sebagai aksesori. DRL di Tucson akan mati saat foglamp atau lampu utama diaktifkan, sehingga tak menyilaukan pengendara lain. 

Aksen krom pada gril  depan dan door handle menambah kesan SUV kompak yang modern. Untuk penerangan, ia dilengkapi dengan projector head lamps with HID Xenon 4300 Kelvin. Serta hadirnya fitur side mirror glass LED light repeater yang membantu pengemudi ketika ingin berbelok. 

Interior
Balutan kulit pada jok tentu membuat pengemudi lebih merasa nyaman, terlebih desainnya yang seperti semi bucket seat membuat tubuh terasa ditopang dengan erat. Setir yang punya fitur tilt serta telescopic tentu saja mempermudah pengemudi untuk mendapatkan posisi mengemudi ideal. Apalagi lingkar kemudinya yang sudah dilapis bahan kulit membuatnya lebih nyaman dengan ukuran yang juga enak digenggam. 

Membawa keluarga untuk berlibur keluar kota tambah seru berkat kehadiran panorama sunroof yang dapat buka-tutup secara elektrik. Oh ya, head unit berukuran 8 inci layar sentuh menjanjikan hiburan yang maksimal selama perjalanan. 

Driving Experience
Pertama kali duduk di jok pengemudi, figur dengan tinggi 170 cm dapat mudah mencari posisi ideal. Jok pengemudi bisa diatur ketinggiannya dengan cara memompa manual tuas yang ada di sisi sebelah kanan bangku. Pun begitu mengatur ketinggian lingkar kemudi, fitur tilt steering dan telescopic dapat dioperasikan dengan mudah. 

Tak sulit untuk beradaptasi dengan SUV diesel ini. Apalagi ia dilengkapi dengan fitur Eagle’s Eye View, yang dapat memantau sekeliling kendaraan. Anda cukup tekan tombol ‘panah atas’ di bawah head unit, seketika dapat melihat 360 derajat sekeliling mobil pada layar head unit. 

Pasang sabuk pengaman, nyalakan mesin dan siap berakselerasi. Ketika pedal gas mulai ditekan, All New Tucson diesel sudah memberikan performa yang dahsyat. Tenaganya sebesar 178 PS dan torsi 400 Nm.

Namun, ketika pedal gas kembali ditekan, respons yang sensitif juga sangat menyenangkan kala mobil ini diajak untuk lebih berakselerasi. Apalagi ketika pedal ditekan penuh, jangan kaget ketika akselerasinya akan mendorong badan Anda untuk sandaran jok. Ya, torsinya memang luar biasa. 

Oh ya, All New Tucson CRDi juga dilengkapi dua pilihan mode berkendara, Eco & Sport. Jika Anda pehobi kecepatan, silakan pilih mode Sport. Namun, jika dirasa melewati lalu lintas Ibukota yang superpadat, ada baiknya menggunakan mode Eco. 

Perpindahan transmisi otomatis 6-percepatan milik Tucson juga tergolong halus namun tetap responsif menyalurkan tenaga ke roda depan. Fitur Shiftronic juga memudahkan Anda ketika ingin merasakan sensasi transmisi manual. Posisi gigi transmisi akan diperlihatkan pada layar Multi Information Display (MID). 

Dari sisi handling, generasi ketiga dari Hyundai Tucson ini tergolong impresif. Perpaduan McPherson strut di depan dan multi link di belakang menghasilkan padanan sempurna. Bantingan suspensi tidak terlalu keras saat bertemu jalan bergelombang namun tak pula terlalu lembut yang membuat mobil terasa limbung kala dipacu dalam kecepatan tinggi.