Dengarkan Saat Mobil Mulai ‘Mengeluh’

Thursday, 25 August 2016


Pusing dengan suara-suara aneh yang tiba-tiba muncul dari dalam dan luar mobil? Ada suara gemericit, sura berisik mesin, ataupun suara kaki-kaki mobil yang geludakan berisik. Untuk memastikannya, memang perlu dilakukan pengecekan langsung. Tapi kalau cermat, bunyi-bunyian ini bisa jadi sarana deteksi problem di kendaraan. Sumber dan jenis bunyi menandai problem yang berbeda.

Permasalahan pertama yang sering ditemui oleh para pengendara adalah suara mesin yang berisik saat AC dihidupkan. Untuk mengetahui akar permasalahannya, ada baiknya anda melakukan pengecekan pada bagian bearing kompresor. Namun jika bagian tersebut tidak bermasalah, coba langsung cek bagian oli kompresor, bisa jadi ini yang menyebabkan mesin jadi berisik ketika AC dihidupkan. Kenapa? Ini karena jika oli berkurang atau habis, maka kompresor akan cepat panas dan sedikit memuai, itulah yang menyebabkan suara berisik pada mesin.

Selain di bagian mesin, bagian kaki-kaki juga menjadi langganan timbulnya suara berisik pada mobil. Jika ada suara dengungan di bagian kaki-kakii, ini bisa jadi disebabkan oleh bearing roda dan roda itu sendiri. Bisa jadi ada satu atau dua bearing yang sudah aus dan memang sudah tidak layak pakai. Jika bagian tersebut dalam keadaan baik, anda bisa langsung menelusuri komponen long tierod atau tie rod end dan ball joint. Biasanya suara berisik sering timbul dari ketiga komponen tersebut.

Selain itu, komponen suspensi juga jangan lupa di cek. Pasalnya, suspensi juga sering mengeluarkan suara yang berisik ketika permukaan jalan tidak rata. Sering kali pengendara mobil tidak mengindahkan suara ini. Padahal kalau sudah rusak parah, biaya untuk penggantian akan lebih mahal dari perawatannya. 

Suara berisik lainnya juga bisa timbul akibat ada yang tidak beres pada bagian power steering. Jika terdengar mendecit, anda harus melakukan pengecekan pada tali pompa power steering/belt pompa. Sedangkan ketika sedang berbelok dan kemudi setir anda mengeluarkan suara berisik? Ini ada hubungannya dengan keringnya komponen ball joint dan tie rod.