Electronic Stability Control, Jaga Rem dan Ban Tetap Presisi

Sunday, 09 October 2016


Sederet fitur canggih disematkan di kendaraan untuk memastikan penggunanya merasa nyaman dan aman. Salah satu yang cukup vital adalah Electronic Stability Control. Fitur ini penting, saat cuaca sering diguyur hujan deras seperti saat ini. Apa sebenarnya fungsi utama fitur tersebut? 

Electronic Stability Control sering disingkat dengan ESC, adalah sebuah teknologi pada kendaraan yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan berkendara dari sisi pengendalian mobil dengan meminimalisir slip pada ban mobil Anda.
 
Sistem pintar ini akan mendeteksi ketika mobil kehilangan kontrol. Melalui berbagai sensornya, sistem ini akan langsung membantu rem untuk mengendalikan laju mobil. Dengan begitu, sistem rem akan bekerja optimal pada roda depan maupun belakang. Ini bertujuan untuk mencegah oversteer atau understeer ketika mobil sedang di luar kendali Anda.
 
Selain itu, ada sebuah fitur lagi yang hampir mirip dengan Electronic Stability Control pada kendaraan, fitur tersebut adalah Traction Control System. Jika dibandingkan dengan ESC, Traction Control System ini lebih simple. Fitur ini bekerja dengan memanfaatkan sensor yang mendeteksi kecepatan putaran roda. Sensor akan mengatur torsi agar roda mobil tidak slip ketika berakselerasi.