Ganti Velg Mobil Kecil

Monday, 10 October 2016

 
Ganti velg memang efektis sekali untuk mendongkrak penampilan. Tapi, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar tidak keliru aplikasi dan mempertaruhkan kenyamanan dan keselamatan. Terlebih untuk mobil kecil seperti Hyundai All New i20, Grand Avega atau Grand i10. 

Mobil ini masuk dalam kategori hatchback, yang artinya pemilihan velg harus sesuai dengan tema yang diusung oleh mobil tersebut. Untuk pilihan pas, pelek dengan motif palang lima atau multispoke yang bernuansakan street racing bisa jadi pilihan Anda.
 
Selain perihal desain palang, mengenai ukuran pun juga harus Anda perhatikan. Biasanya, maksimal penggantian velg itu naik dua tingkat. Sebagai contoh, pelek standar Hyundai i20 terbaru kini dibekali dengan ukuran 15 inch, untuk idealnya Anda bisa mengaplikasikan velg dengan besaran maksimal 17 inch. Pasalnya, jika lebih besar dari 17 inch, maka dikhawatirkan ban akan membentur fender dan kesulitan dalam melakukan belokan.
 
Selain ukuran velg, lebar velg juga mempengaruhi tingkat kestabilan mobil. Tidak disarankan menggunakan velg dengan dimensi yang lebih lebar dari velg standar. Ini akan memberikan akselerasi yang kurang greget untuk mesin All New i20. 

Tidak hanya itu, material velg juga perlu jadi pertimbangan. Sebaiknya pilihlah pelek dengan brand yang jelas. Jangan tergiur harga murah. Kualitas, kekuatan dan berat velg akan berpengaruh pada banyak hal. Dari performa mesin dan kenyamanan berkendara, sampai ketahanan menghadapi jalan raya. 
 
Pasalnya, tidak sedikit pemilik mobil harus keluar uang lebih setelah mengganti velg abal-abal karena bibir pelek lebih cepat gompal alias penyok. Jika sudah seperti itu, maka yang seharusnya mobil Anda bisa tampil stylish, malah jadi babak belur...