Gendong Sepeda Sah-sah Saja, Pilih Atas atau Belakang

Tuesday, 03 January 2017

Buat Anda yang suka bersepeda, baik sendiri atau bersama keluarga, namun ingin membawa mobil. Anda bisa gunakan bike rack atau rak sepeda pada mobil Anda. Sah-sah saja kok, tinggal pilih saja, mau bike rack model apa, yang di atas atau di belakang.

Bike rack umumnya ada 2 jenis, hanger dan holded. Untuk model hanger, sepeda diletakkan di atas mobil dengan tambahan strap atau tali pengikat. Namun, bike rack model ini cukup repot dan agak berbahaya jika Anda membawa lebih dari satu sepeda.

Model holded paling banyak dipilih, selain karena lebih mudah, juga bisa meminimalisir efek cedera pada bodi mobil. Model ini juga lebih aman karena sepeda memiliki dudukan yang rigid dan tidak mudah goyang. Saat memasang, perhatikan juga pengikat dan karet masih dalam kondisi bagus, sehingga optimal melindungi sepeda dan mobil.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pastikan beban tidak  berlebih. Perhatikan batas maksimal bobot yang bisa dibawa pada bike rack Anda. Perhatikan juga kecepatan Anda, jangan ngebut jika menggendong sepeda, agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan, karena dimensi panjang serta bobot mobil bertambah.

Apapun pilihannya pastikan bike rack yang Anda gunakan sesuai peruntukan mobilnya, baik itu tipe sedan, SUV atau MPV.