Bagaimana Caranya Agar Mudik Tetap Nyaman dengan Anak-Anak

Thursday, 28 June 2018

Mudik ke kampung halaman bersama keluarga akan sangat mengasyikan. Sebab, bisa bersilaturahmi dengan keluarga lain yang ada di kampung ketika Lebaran tiba.

Namun, terkadang buat sejumlah orang mudik apalagi dengan membawa anak kecil menjadi direpotkan. Apalagi usianya masih balita, yang rentan cepat merasa bosan ketika melakukan perjalan jauh di dalam mobil.

Kondisi ini tentu menjadi tantangan bagi orangtua yang akan mengajak anak-anaknya menempuh perjalanan panjang tersebut.

Salah satu cara agar mudik atau melakukan perjalanan jauh dengan nyaman bersama anak-anak, yaitu paling penting adalah Anda sebagai orangtua harus menunjukan sikap tenang selama di perjalanan karena hal itu juga akan mempengaruhi kenyamanan si kecil.

Lalu mempersiapkan segala sesuatu mulai dari makanan, hingga mainan kesukaan anak itu sendiri. Bawalah mainan favoritnya seperti boneka, mobil-mobilan atau sebagainya. Disarankan untuk membawa mainan anak lebih dari satu. Agar anak tak cepat bosan, berilah anak mainan secara satu persatu, bukan sekaligus.

Sebagai contoh, bawa mainan yang paling dia suka. Ketika anak tersebut mulai bosan dengan nuansa kabin, maka bisa disodorkan mainan tersebut.

Selain itu, makan kesukaan juga bisa mengalihkan perhatian anak yang sudah bosan karena lama di perjalanan. Cara lain, mengajak main bersama di dalam mobil, misal bermain games di ponsel pintar atau menonton video dan lain sebagainya.

Namun perlu diingat, jika bermain usahakan untuk selalu menggunakan sabuk pengaman selama di perjalanan. Semua itu demi keamanan dan keselamatan bersama, apabila terjadi hal yang tidak diinginkan seperti tabrakan dan lain sebagainya.

Jadi, paling penting lakukan persiapan semaksimal mungkin sebelum mulai perjalanan, agar ketika anak sudah mulai bosan di dalam mobil dan menangis Anda bisa mengalihkan perhatiannya dan membuatnya tetap nyaman di jalan.