Habis Libas Genangan, Wajib : Cek Oli

Tuesday, 08 November 2016

 
Usai melintasi daerah banjir, apalagi bila genangannya cukup dalam, tak hanya kelistrikan, jangan lupa cek oli Anda .Ini dikarenakan adanya kemungkinan air yang masuk melalui celah-celah mobil. Oli apa saja yang mesti dicek? Sebaiknya Anda mengecek oli mesin serta transmisi.
 
Cara mengeceknya mudah. Tak perlu ketrampilan rumit, lady drivers yang biasanya dikenal tak mau tahu soal mesin pun bisa melakukannya, Anda hanya harus mengecek warna oli tersebut. Jika warnanya berubah warna menjadi seperti susu, itu artinya oli mobil Anda sudah tercampur dengan air saat melintasi kawasan genangan. 

Jika sudah seperti itu, lakukan penggantian oli secepatnya sebelum dibawa ke bengkel langganan Anda. Baik pengecekan oli mesin maupun transmisi, SOP-nya sama persis. Jika sudah terjadi perubahan warna segera kuras dan ganti dengan yang baru. 

Untuk penanganan yang lebih sempurna, langsung bawa mobil Anda ke bengkel untuk dicek lebih lanjut oleh mekanik agar tidak ada kerusakan pada dua bagian tersebut. Apa yang terjadi kalau langkah ini tak dilakukan, oli dibiarkan tercampur dengan air? Persneling menjadi berat. 

Jadi, jangan malas sedikit basah ya. Jangan lupa dicek setelah melewati genangan!