Hal-Hal Yang Dapat Menggugurkan Garansi Resmi

Tuesday, 21 March 2017

Mobil bisa dibilang investasi yang berharga. Sangat sayang jika kita tidak melakukan perlakuan ekstra untuk selalu merawatnya. Pihak pabrikan pun memberikan garansi resmi untuk membantu para pemilik agar selalu dapat menjaga nilai investasi tersebut.
Salah satu perlakuan khusus yang bisa dilakukan, misalnya pada All New Tucson XG CRDi EVGTurbo yang sebaiknya menggunakan bahan bakar solar Pertamina Dex. Petunjuk penggunaan bahan bakar yang tepat tertera di dalam buku servis All New Tucson XG CRDi EVGTurbo.
Jika konsumen menggunakan bahan bakar tepat atau rekomendasi pabrikan, maka saat terjadi kerusakan pada mesin maka garansi tetap berlaku. “Tetapi jika konsumen menggunakan selain bahan bakar yang direkomendasikan, maka jika terjadi kerusakan pada sektor mesin tersebut, bisa menggugurkan garansi resmi dari pabrikan,” ujar Boyke Arief Setiawan, Product Planning Dept Head PT Hyundai Mobil Indonesia. 
Kerugian lain yang bisa dialami para All New Tucson XG CRDi EVGTurbo jika tidak menggunakan bahan bakar sesuai rekomendasi pabrikan, bisa menyebabkan penurunan performa mesin, bahkan bisa berakibat fatal untuk jangka panjangnya, dan ujung-ujungnya bisa meningkatkan angka emisi gas buang. 
Lantas, bagaimana jika konsumen ingin melakukan proses modifikasi pada kendaraannya? “Ada baiknya jika ingin memodifikasi kendaraan, silakan konfirmasi terlebih dahulu kepada Service Advisor (SA) pada bengkel resmi Hyundai. Agar proses modifikasi yang dilakukan masih dalam batasan toleransi dan dapat tercover garansi kendaraannya,” saran Boyke saat peluncuran All New Tucson XG CDRi beberapa waktu lalu. 
Contoh sederhana modifikasi misalnya menambah ukuran diameter velg dan ban. Jika batasan toleransi diabaikan, bisa mengubah acuan pada odometer yang berimbas terhadap jarak tempuh dan waktu untuk service berkala. Bahkan efek negatifnya pun bisa merusak komponen kaki-kaki lainnya jika penggantian ukuran velg dan ban terlalu besar. Maka kerusakan yang diakibatkan penggantian komponen tersebut bisa menggugurkan garansi.
“Penambahan atau penggantian aksesori OEM pabrikan, warranty masih tetap berlaku. Namun, konsumen harus selektif dalam melakukan proses modifikasi. Apalagi jika berkaitan dengan memasang produk aftermarket. Jika ada kerusakan yang diakibatkan penggantian aksesori tersebut, maka garansi bisa gugur. Tetapi jika kerusakan tidak ada hubungannya dengan bagian yang di-modifikasi, maka warranty masih berlaku. Tentunya kerusakan akan diinvestigasi terlebih dahulu,” tutup Boyke.