Hyundai Accent Series Club Indonesia (Accent-er), Rutin Berkegiatan Sosial

Monday, 26 June 2017

Hyundai Accent Series Club Indonesia (Accent-er), Rutin Berkegiatan Sosial

Hyundai Accent series memiliki generasi turunan yang banyak. Mulai dari Bimantara Cakra, Accent X3, Verna, New Accent, Avega dan  Grand Avega. Karena ini juga jumlah anggota dari Hyundai Accent Series Club Indonesia atau disingkat menjadi Accent-er tersebar di seluruh wilayah Indonesia. 

Accent-er terbagi atas tujuh regional (DKI, Jawa barat, Jateng & DIY, Jatim, Pekan Baru, Sumbar, Banten). Setiap anggota memiliki call sign yang diurus di tiap daerah regional masing-masing. Tiap regional pun memiliki beberapa chapter lagi.  

Pada awal berdirinya  jumlah anggotanya tidak begitu banyak. Namun, mulai tahun 2013 orang mulai melirik mobil ini. “ Puncaknya animo Accent tahun 2013 dimana orang mulai tahu kalau kualitas Hyundai dibanding dengan mobil dengan harga yang sama itu lebih bagus. Apalagi setelah mendengar testimoni dari pemilik Accent, orang pun semakin tertarik. Ini juga yang membuat komunitas kami berkembang pesat, ” jelas Bayu Setya Wisanggeni, Accent-er 018 DKI. 

Komunitas Accent-er sendiri berawal dari milis Yahoo pada tahun 2001. Dari milis berlanjut ke kopi darat (kopdar). Baru tanggal 31 Juli  2008 secara resmi komunitas ini berdiri lengkap dengan AD/RT. 

“Accent sering memiliki banyak generasi turunan. Walau kita berbeda-beda tapi tetap satu. Umumnya semua pemilik Hyundai Accent punya hobi yang sama. Kami suka memodifikasi mobil. Mobil sering dibuat jadi ceper,” jelas Bayu lagi. 

Kopdar Kegiatan Sosial 
Accent-er memang merupakan komunitas otomotif tapi mereka punya banyak kegiatan kopdar yang dilakukan oleh tiap regional dan chapter. Minimal satu bulan sekali selalu ada kopdar. Kadang beberapa chapter bergabung untuk melakukan kopdar bersama seperti regional Banten, DKI dan Jawa Barat. 

Salah satu yang ingin digalakan lagi adalah mengikuti drag race. Dulu sempat beberapa anggota Accent-er berhasil memenangkan kontes drag race di kelas 18 detik @402 meter. 

Namun ada satu kopdar yang tidak perlu terlewatkan setiap tahun adalah kopdar bulan puasa dengan  melakukan dropping barang di sejumlah yayasan yatim piatu.  Salah satu rekornya, Accent-er pernah melakukan kegiatan sosial di bulan puasa pada lima yayasan di daerah Bogor dan sekitarnya  dalam satu hari. 

“Kami mulai dari jam dua hingga jam lima sore. Dimulai dari tempat yang berbeda-beda dan berakhir di satu titik yang sama,” jelas Bayu. Kala itu pihak Hyundai Mobil Indonesia pun ikut berpartisipasi dengan memberikan santunan dana pada yayasan yang didatangi oleh Accent-er. 

Dalam melakukan kegiatan sosial, Accent-er melibatkan seluruh keluarga dari komunitas, termasuk anak-anak mereka. Komunitas ini punya misi bahwa mereka tidak hanya peduli soal mobil dan spare part saja tapi juga ingin memberi dan saling mengisi kepada sesama.