Hyundai Veloster N Yang Lebih Bertenaga

Sunday, 04 March 2018

Hyundai Motors Company baru saja merilis mobil hatchback terbarunya yang lebih bertenaga, Hyundai Veloster N. Hot-hatch ini menjadi mobil kedua di keluarga Divisi N milik Hyundai, setelah sebelumnya pabrikan Korea Selatan ini menghadirkan Hyundai i30 N.

Hyundai Veloster N dirilis secara khusus karena bersamaan dengan kehadiran generasi terbaru dari Hyundai Veloster. Hyundai memberikan perubahan pada sasis Hyundai Veloster mengadopsi desain zero-scrub.

Tambahan aksesoris yang menempel antara lain, ukuran knalpot yang lebih besar, difusser belakang, spoiler hatchback yang lebih besar, fascia depan baru yang memiliki tugas khusus menyalurkan udara pendingin untuk memberikan daya pengereman yang lebih kuat.

Untuk interiornya, Hyundai Veloster N mendapatkan kursi depan model sport seat, lalu setir dan shift knob khusus, dan sill plate dengan logo N. Selain itu, mobil ini juga mendapatkan aksen biru di interior dan juga desain instrumen cluster yang khusus untuk mobil – mobil divisi N Hyundai.

Turun ke kaki-kaki, terpasang rem berukuran 13,0 inci dengan diameter 13,6 inci. Hyundai memberikan dua pilihan ban, yakni ban 18 inci tipe Michelin Pilot SuperSports dengan ukuran 225/40 dan ban 19 inci tipe Pirelli P-Zeros dengan ukuran 235/35.

Hyundai Veloster N hadir dengan basis mesin yang sama dengan mesin yang digunakan oleh Hyundai i30 N, yaitu mesin 2.000cc dengan tenaga 275 hp dan torsi maksimal 353 Nm. Mesin yang bertenaga tersebut akan dipadukan dengan transmisi manual dengan enam percepatan.

Hyundai Veloster N punya suspensi yang nampaknya bisa melibas jalanan track berkat adanya peningkatan geometri untuk membangun torsi mesin yang linear. Selain itu roll angle dari mobil ini juga sudah dikurangi sembari didukung dengan mode berkendara N yang punya fokus untuk trek.

Belum selesai sampai disana, Hyundai Veloster N juga mendapatkan peningkatan limited-slip differential yang dikontrol secara elektronik. Peningkatan itu didukung pula dengan piringan cakram berdiameter 13 inci di depan dan 11.8 inci di belakang.

Veloster N ini diuji dan dikembangkan di Nurburgring, Jerman. Mobil diberi warna biru agar sesuai slogannya, "Performance Blue" N-exclusive. Hyundai Veloster N sendiri akan diproduksi di Ulsan, Korea Selatan pada september 2018 mendatang dan dirilis di Amerika Serikat pada kuartal keempat tahun ini.