Hyundai i20 Driver (HiD), Wadah Silaturahmi dan Tukar Pikiran

Thursday, 27 April 2017

Semua berawal ketika para pengguna Hyundai i20 berkumpul dalam website Kaskus dan berbagi cerita seputar hatchback asal Korea. Ternyata, banyak para member yang menginginkan untuk kopdar (kopi darat, red) agar bisa mengenal satu sama lainnya.
 
“Awalnya kami melakukan kopdar di FX Sudirman, Jakarta yang dihadiri 3-5 orang. Selanjutnya tercetus ide untuk kopdar lebih banyak anggotanya di kawasan SCBD, Jakarta. Setelah pertemuan itu, barulah dibentuk secara resmi HiD di SCBD pada 14 Oktober 2012 sekaligus pelantikan kepengurusannya,” ujar Metiawan, Wakil Ketua Hyundai i20 Driver.

Dengan terbentuknya struktur pengurus, HiD semakin aktif mengadakan kopdar dan anggotanya semakin bertambah banyak. Tak hanya di Jakarta, member HiD mulai merambah ke kota-kota lainnya seperti Bogor, Cirebon, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Malang, Lombok, Makassar, Pekanbaru, Palangkaraya, Padang hingga Jambi. “Meski pada awal peresmian, HiD hanya beranggotakan sekitar 25 orang, kini member tercatat mencapai 166 orang,” terangnya.

Siapa pun bisa ikut bergabung dalam HiD, baik yang memiliki Hyundai i20 maupun yang belum meminangnya. “Kita punya Facebook Group dan siapapun bisa ikut join dan partsipasi. Bahkan yang baru kepingin memiliki i20, bisa cari-cari info dan tanya-tanya pengalaman dengan member lainnya,” sahut Metiawan kembali.
 
Keanggotaan HiD sifatnya tidak mengikat. “Kita tidak ada iuran, tidak banyak aturan. Pokoknya kita kumpul-kumpul, sharing, have fun, refreshing. Kalau ada kegiatan kopdar atau touring, pengeluarannya disiapkan sendiri oleh peserta. Tak jarang juga ada anggota yang menyumbang secara sukarela, misalnya berupa makanan,” jelas Metiawan. 

Untuk menjaga silaturahmi dan kekompakan anggota, HiD memiliki agenda kumpul-kumpul rutin yang diadakan 1 hingga 2 kali sebulan di Grand Lucky, SCBD, Jakarta. Ada kegiatan ‘ngebengkel bareng’ di bengkel resmi Hyundai yang terletak di bilangan Ciputat. Serunya, setiap anggota bisa berdiskusi dan sharing pengalaman menggunakan Hyundai i20. Bengkel Hyundai Ciputat menjadi bengkel rekomendasi untuk para member komunitas pecinta i20.
 
“Bengkel ini merupakan expert-nya untuk Hyundai i20. Kita bisa mendapatkan berbagai solusi, soal spare part-nya yang memang tidak mudah ditemukan. Kita juga suka melakukan kerja sama dengan bengkel untuk memberikan diskon khusus,” kata Metiawan.
 
HiD rutin mengadakan touring, baik berskala kecil maupun besar. Touring kecil biasanya diadakan 3 kali dalam setahun. Sementara touring besar setahun sekali bertepatan ulang tahun HiD dan merupakan touring gabungan dari seluruh anggota HiD yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Seperti saat perayaan ulang tahun yang ke-4 akhir tahun lalu, HiD menggelar Grand Touring Gelaran di Yogyakarta yang diikuti anggota dari berbagai daerah di Indonesia.
 
Pada kesempatan tersebut para peserta touring yang diikuti ratusan mobil ini mengunjungi berbagai objek wisata di Yogyakarta, seperti Goa Pindul, Air Terjun Sri Gethuk (Gunung Kidul), Pantai Ngandong dan Wisata Gunung Dieng. 
“Untuk perayaan ulang tahun HiD di 2017 rencananya akhir tahun ini kita akan adakan touring gabungan ke Malang,” tutup Metiawan.

Sumber: https://www.facebook.com/groups/hyundai.i20.driver/