Ikuti Tata Cara Konvoi yang Benar, Selamat Sampai Tujuan

Thursday, 16 February 2017

Berjalan menggunakan mobil secara beriring-iringan tidak mudah. Ada banyak hal yang harus diperhatikan agar keselamatan penumpang di tiap mobil yang berada dalam rombongan tersebut tetap selamat. Jangan hanya mementingkan keselamatan rombongan saja, Anda juga harus membuat pengguna jalan lainnya tetap merasa nyaman. Berikut adalah beberapa hal yang patut diperhatikan saat akan melakukan konvoi menggunakan mobil:

1. Kendaraan
Setiap pengemudi diharuskan memahami dan menguasai mobil yang digunakannya untuk konvoi. Mobil tersebut juga harus prima kondisinya, baik mesin, pengereman, dan lainnya.

2. Dimensi
Apabila yang melakukan konvoi berbeda dimensinya, pastikan kendaraan yang berdimesi kecil ditaruh pada barisan depan kemudian sedang dan yang paling belakang yang besar. Tujuannya adalah untuk meminimalisir blindspot.

3. Kecepatan
Jaga kecepatan tiap mobil yang ada di rombongan tetap sama. Bila perlu, lakukan pengelompokan berdasarkan kapasitas mesin. Kecepatan maksimal yang aman saat konvoi adalah 60 km/jam.

4. Jarak
Jaga jarak aman tiap kendaraan. Pastikan juga tiap pengemudi memiliki kemampuan reaksi mengerem dengan baik dan dapat melakukan pengamatan dengan cermat.

5. Waktu
Tentukan arah tujuan ke lokasi yang rute nya terpendek dan teraman, kenali daerah tersebut dan perilaku pengemudi/pengendaranya.

6. Lalu Lintas
Kenali rambu-rambu lalu lintas disepanjang perjalanan, hal ini membantu penggunanya untuk selalu dan terus waspada. Kenali dan hindari daerah yang berlalu lintas padat/banyak memiliki simpul-simpul jalan atau daerah lingkungan keramaian.

7. Cuaca
Rancang perjalanan konvoi dengan cermat. Apabila harus melewati daerah dengan cuaca yang buruk, maka lakukan dengan aman dan berhati-hati.

8. Break Point
Melalui perencanaan yang matang, tentukan titik dimana rombongan konvoi harus beristirahat. Mengemudi aman maksimal 2 jam perjalanan dan beristirahat 30 menit.

9. Resiko Bahaya
Kenali juga resiko-resiko apa yang akan dihadapi selama konvoi berlangsung, seperti hujan deras, angin kencang, tebing, tanah longsor, kendaraan besar, motor, dan lainnya.