Ingin Jual Mobil Anda? Hitung Sendiri Harga Jualnya

Thursday, 16 February 2017

Keinginan mengganti mobil dengan yang lebih baik pasti dirasakan oleh setiap pemilik mobil. Namun sebelumnya, beberapa orang terpaksa menjual mobil yang ada agar bisa membeli yang baru. Tentu semua orang ingin mobilnya dihargai dengan harga yang pantas. Salah memasang harga, bisa-bisa malah tidak laku atau malah rugi. Untuk itu, hitung sendiri harga jual yang pantas untuk mobil Anda.

Dilansir dari situs jual beli mobil motor di Indonesia, Carmudi, ada beberapa langkah untuk Anda bisa menghitung harga jual yang pantas untuk mobil Anda.

1. Cek Fisik Kendaraan
Fisik yang bagus, rapih, bersih, pasti akan membuat calon pembeli lebih tertarik. Maka itu, ada baiknya Anda melakukan perawatan terlebih dahulu pada tampilan luarnya, seperti mencuci dan melapisinya dengan car wax.

2. Merek
Meskipun merek-merek mobil yang beredar di Indonesia sudah relatif bagus, namun sebagian orang masih ada yang brand-minded alias setia pada satu merek. Hal ini juga bisa mempengaruhi harga jual. Mobil-mobil Asia biasanya harga jual kembalinya cukup stabil dibanding mobil-mobil Eropa.

3. Tipe
Anda harus paham bahwa tidak semua tipe dari kendaraan mampu dijual dengan harga tinggi. Pasalnya, semakin tipe kendaraan yang Anda miliki tidak populer, semakin sulit juga bagi Anda untuk mematok harga jual  dengan tinggi.

4. Tahun Produksi
Jelas hal ini akan mempengaruhi harga jual mobil Anda. Mobil tahun produksi muda harga jualnya akan lebih tinggi dibandingkan mobil tua.

5. Ketersediaan Sparepart
Masih sering ditemui pembeli yang lebih memilih mobil yang mudah ditemukan sparepart dan mudah perawatannya. Karena itulah, kedua hal ini memiliki pengaruh cukup besar untuk penentuan harga kendaraan Anda nantinya.

6. Kelengkapan Surat-Surat
Kelengkapan surat-surat sudah barang tentu krusial hadirnya dalam sebuah kendaraan. Soalnya, jika seluruh surat-surat kendaraan seperti Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), atau faktur kendaraan masih tersedia, Anda masih bisa mematok harga Anda sedikit lebih baik.

7. Pajak
Pajak tentunya juga mempengaruhi harga jual kembali. Jika mobil Anda pajaknya mati, calon pembeli akan menawar harga yang Anda pasang cukup jauh dengan alasan ingin menyisakan uang untuk menghidupkan pajaknya.

8. Cek Harga Pasaran
Untuk menghindari terjadinya kerugian karena salah memasang harga, alangkah baiknya Anda mencari tahu dahulu seperti apa harga kendaraan Anda di pasaran. Pastikan kendaraan yang Anda cek ialah kendaraan yang sama tipe dan tahun produksinya dengan Anda.

Setelah berhasil mengumpulkan data mengenai harga kendaraan Anda dan kompetitornya, kini saatnya menentukan berapakah angka yang pas untuk Anda pasang sebagai harga jual kendaraan Anda.