Ini Beda Ban Bias dan Ban Radial

Friday, 21 September 2018

Untuk membuat satu buah ban, memang terdiri dari banyak material atau bahan. Namun, secara garis besar ban kendaraan terbagi menjadi dua, yaitu tubetype atau konvensional dan tubeless.

Sementara itu, untuk ban jenis tubeless terbagi lagi menjadi dua tipe, yaitu ban bias dan radial. Lalu, apa perbedaan dari keduanya?

Ban dengan struktur bias mungkin yang paling banyak digunakan. Ban bias pada umumnya menjadi ban standar yang digunakan untuk berkendara harian. Struktur bias dibuat dari banyak lembar cord sebagai rangka atau frame dari ban itu sendiri.

Jika dilihat dari kontruksinya, ban bias dibuat dengan susunan dua benang atau lebih yang ditenun dengan pola zig-zag yang membentuk sudut 40 sampai 65 derajat terhadap keliling lingkaran ban. Sebagai perbandingan, ban bias ini yang paling banyak ditemui dan dipasarkan oleh berbagai merek ban dan dijual di banyak toko otomotif.

Sedangkan untuk ban radial, dibentuk dari lapisan serat yang menyilang pada lingkaran ban. Sabuk ban radial terbuat dari baja dengan tapak lebih kaku, dan lebih tahan guncangan serta tidak akan mengalami cepat aus saat digunakan dan memiliki daya cengkram (traksi) lebih baik dibanding ban bias, terutama saat menikung.

Dari segi kenyamanan berkendara, ban radial lebih unggul. Pasalnya, serat baja yang digunakan di ban radial lebih lentur, sehingga lebih nyaman meski melintasi jalan rusak atau bergelombang.

Saat digunakan, ban radial tertekan ke arah dinding atau samping ban sedangkan ban bias tertekan ke depan dan belakang. Dengan begitu, beban panas yang terdapat pada ban radial bisa terdistribusi lebih rata dan hal tersebut yang menyebabkan ban tidak cepat aus.

Dengan berbagai keunggulan, ban radial memang memiliki harga yang lebih tinggi dari ban bias. Bahkan, bisa berbeda dua kali lipat.