Ini Bedanya Nyetir Big MPV Dengan Lainnya

Wednesday, 24 August 2016


Yang biasa bawa city car atau sedan, biasanya jadi kikuk jika mengendarai mobil yang lebih besar. Apalagi big MPV seperti Hyundai H-1. Sebetulnya, tidak ada yang perlu dikhawatirkan, karena mobil tersebut sudah dirancang ergonomis. Namun sebaiknya bagi anda yang biasa mengendarai city car, terlebih dahulu lakukan penyesuaian beberapa hal berikut ini.

Posisi duduk, ini harus anda sesuaikan terlebih dahulu. Pasalnya, dengan mobil yang besar, otomatis jarak pandang ke jalan raya akan berubah. Lakukan penyetelan kursi dengan baik agar posisi duduk bisa nyaman. Ukur jarak radius putar mobil tersebut, jangan gegabah dengan tidak memperhatikan hal tersebut, karena hal ini akan memberikan dampak yang signifikan dalam berkendara.

Hal selanjutnya adalah ukur seberapa panjang dimensi mobil tersebut. Total panjang Hyundai H-1 adalah 5.125 m. Jadi dengan mengetahui panjang mobil tersebut Anda bisa mengukur ketika akan menyalip, parkir ataupun memutar balik. Kendati dibekali dengan mesin yang bertenaga, namun akselerasi yang dihasilkan big MPV seperti Hyundai H-1 ini tidak secepat sedan atau city car. Sebaiknya jangan langsung menginjak gas hingga penuh, karena ini akan berpengaruh terhadap kinerja mesin mobil anda.

Kendati mobil big MPV ini memiliki kapasitas ruang bagasi yang cukup luas, namun anda juga harus memperhatikan batas muatan yang dapat diangkut. Jangan pernah melebihi beban muatan, hal ini sangat tidak disarankan. Karena dengan beban yang berlebihan, otomatis mobil tidak mampu berlari cepat, di samping itu, dengan muatan yang banyak mobil akan cenderung limbung.