Ini Dia Cara Bersihkan Spatbor Berbahan Karpet

Tuesday, 05 April 2016

Hyundai Lovers, membersihkan bagian luar mobil memang terkadang membutuhkan ketelitian yang lebih. Seperti halnya ketika kamu akan membersihkan spatbor berbahan karpet.
Karena membersihkan spatbor berbahan karpet haruslah mendapat perhatian yang lebih. Berikut cara-caranya:

1. Siapkan air sabun dan sikat halus
Berikut proses dan langkah membersihkan sepatbor bahan karpet serta peralatan yang harus disediakan. Tidak banyak alat yang harus Anda siapkan untuk membersihkan kolong sepatbor berbahan karpet. Cukup siapkan air sabun dan sikat halus saja. Untuk air sabun, Anda bisa menggunakan detergen cair untuk mencuci pakaian dan campur dengan air secukupnya. Tidak direkomendasikan menggunakan sabun colek maupun batangan.
“Bila menggunakan sabun colek dan dioleskan ke karpet berpotensi membekas putih sehingga merusak penampilan. Sementara untuk sabun cair tidak membekas,” papar Daniel.
Sedangkan untuk sikat halus bisa menggunakan sikat yang biasa digunakan untuk mencuci baju. Ini cenderung mudah didapat di minimarket. Daniel tidak menganjurkan menggunakan sikat kasar karena bisa merusak karpet dan bulu-bulu akan terangkat.

2. Copot roda
Letaknya yang berada di bagian kolong mobil membuat aksesnya terbatas. Bila area kotor masih bisa dijangkau dengan tangan Anda, maka tidak masalah bila roda tetap terpasang. Lain soal ketika terlihat kotor sampai ke area dalam. Solusinya, Anda harus mencopot roda agar mendapat hasil yang maksimal.
Bila terasa sulit untuk dikerjakan di rumah karena bolak-balik harus mendongkrak, gunakan jasa cuci mobil dengan lift yang bisa mempermudah melepas roda dan membersihkan karpet sepatbor. Namun Anda harus melakukan request khusus ke operator pencucian agar pembersihan menggunakan sikat lembut.

3. Basahkan karpet
Setelah alat sudah siap, basahi karpet dengan semprotan air. Cukup dengan tekanan sedang agar karpet tidak rusak. Pada tahap ini cukup menggunakan air biasa tanpa sabun. Adapun alasan mengapa karpet harus dalam keadaan basah agar kotoran lebih mudah terangkat saat disikat nanti.

4. Semprot air sabun ke area kotor
Daniel merekomendasikan air sabun yang disiapkan ditaruh dalam wadah semprotan. Bisa saja diguyur tetapi hasilnya terkadang tidak sebaik disemprot. Bila ada noda yang membekas dan sangat kotor, semprot lebih banyak air sabun agar kotoran mudah terangkat.

5. Sikat searah
Langkah terakhir ialah menyikatnya secara searah. Mengapa searah? Agar bulu-bulu di karpet tidak rusak ketika Anda menyikatnya dengan arah memutar atau bolak-balik
Daniel mengatakan jangan sampai karpet peredam baik di sepatbor maupun kolong mobil dalam keadaan rusak karena harga komponen OEM (original equipment manufacturer) sangat mahal. Tidak heran bila perawatannya harus hati-hati.