Inilah Rahasia Keunggulan Mesin All New Hyundai Tucson Diesel

Sunday, 09 April 2017

PT Hyundai Mobil Indonesia beberapa waktu lalu resmi menghadirkan All New Hyundai Tucson XG CRDi EVGTurbo. Bukan hanya menampilkan desain sleek dan stylish dari sisi eksterior dan interior, generasi ketiga dari keluarga Tucson ini juga dibekali mesin perkasa yaitu mesin diesel berkapasitas 1.955 cc dengan teknologi CRDi dan EVGTurbo. Mesin ini memiliki output 178 PS dan torsi 400 Nm dan dipadukan dengan transmisi otomatis shiftronic 6-percepatan. 

Untuk ukuran medium SUV dengan mesin Diesel, figur 178 PS dan 400 Nm tergolong dahsyat. Apalagi All New Tucson hanya dibekali bobot 2.010 Kg. Praktis power to weight ratio yang dimilikinya ideal yaitu 11,29 Kg/PS. Artinya, satu tenaga kuda yang dimiliki All New Hyundai Tucson Diesel XG sanggup mampu menarik bobot seberat 11,29 Kg/PS. Apa rahasianya?
 
Jawabannya ada pada teknologi dan struktur mesin yang digunakan. Mesin R20 memiliki pengembangan pada blok silinder dengan desain baru dan lebih ringan, block insulation cover, dan juga stiffener untuk mereduksi getaran. Mesin ini pun didukung low pressure fuel pump variable control, solenoid injector, plus Exhaust Gas Recirculation (EGR) coolers. Khusus untuk block insulation, Hyundai menggunakan material yang biasa digunakan untuk industri penerbangan. 

Teknologi CRDi yang ada pada mesin ini memberikan peran vital untuk performa. Engine Control Management (ECM) akan mengatur dan menentukan jumlah dan timing injeksi, serta actuator yang mengeksekusi dan menyemprotkan tekanan injeksi ke dalam combustion chamber sebesar 2000 bar. Mesin akan menghasilkan performa maksimal berkat adanya EVGTurbo. EVGTurbo dikontrol oleh ECM berdasarkan masukan dari berbagai sensor.

ECM juga akan mengatur tekanan turbo secara langsung melalui aktuator. 
Selain menghasilkan performa dahsyat, terdapat beberapa keuntungan lain dari pemakaian mesin ini seperti mesin terasa lebih akurat dan efisien. Lalu, mesin ini pun sanggup memberikan efisiensi dari sisi pemakaian bahan bakar. Perpaduan antara CRDi dan EVGTurbo mampu menghilangkan turbo lag sehingga tenaga dan torsi yang dihasilkan mesin dapat terasa optimal di setiap putaran mesin. 

Dengan paduan material mesin apik dengan teknologi yang dimilikinya, wajar apabila performa All New Hyundai Tucson XG CRDi EVGTurbo dapat memacu aliran darah mengalir deras.