Instagram Akan Sediakan Fitur Untuk Download Data

Tuesday, 15 May 2018

Setelah dari awal Instagram tidak menyediakan fitur untuk mengunduh foto atau video di aplikasinya, kini akhirnya mereka menyerah kepada keinginan pengguna. Biasanya untuk mengakali hal ini para netizen selalu menggunakan cara lain, seperti screenshot. Namun cara ini memiliki kekurangan karena resolusi yang dihasilkan rendah.

Tapi belum lama ini pihak Instagram menjanjikan bakal merilis tool “Data Download”, yang memungkinkan pengguna mengunduh semua konten yang pernah mereka bagi ke platform berbagi foto dan video tersebut.

Kini fitur itu sudah bisa diakses via web. Pengguna bisa mengunduh dan mengekspor foto, video, Stories yang diarsipkan, profil, info, komentar, direct message, likes, serta nama followers dan following.

Sayangnya tool Data Download ini baru tersedia via web saja. Sementara akses melalui iOS dan Android belum tersedia. Untuk waktu pengunduhan sendiri sangat tergantung dari besarnya data atau banyaknya foto dan video yang akan disimpan.

Bagaimana caranya? Pertama, buka situs Instagram dan kemudian login ke akun Instagram Anda serta masuk ke profil Anda. Selanjutnya, pilih ikon gear untuk mengakses beberapa opsi penyetelan. Tekan “Privacy and Security”, lihat ke bawah hingga menemukan “Data Download” dan klik “Request Donwload”.

Berikutnya Anda akan diminta memasukkan e-mail untuk dikirimkan tautan pengunduhan konten Instagram tersebut. Namun lagi-lagi Anda diminta untuk menunggu, karena Instagram butuh waktu maksimal 48 jam untuk menghimpun data Anda dan mengirimkan tautannya setelah ada permintaan dari pengguna.

Tool seperti ini bisa membuat pengguna lebih paham, seberapa banyak data yang mereka serahkan ke layanan media sosial. Apalagi, baru-baru ini terungkap insiden pencurian 87 juta data pengguna Facebook global yang menghebohkan netizen. Tertarik untuk mencobanya?