Jangan Panik Ketika Rem Mobil Blong

Friday, 05 October 2018

Pernahkah Anda mengalami rem mobil tiba-tiba tidak berfungsi alias blong? Jika pernah, satu-satunya hal yang harus diantisipasi saat mengatasi rem blong ini adalah jangan pernah panik. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghentikan laju kendaraan dengan cara yang aman buat diri sendiri dan juga tentunya orang lain di sekitar lokasi tersebut.

Langkah pertama dalam menghadapi situasi rem blong, jika mobil Anda bertransmisi manual, bisa melakukan engine brake, yaitu dengan menurunkan posisi gigi ke tingkat lebih rendah. Misalnya dari gigi 5 ke empat dan seterusnya untuk mengurangi kecepatan mobil. Pada mobil dengan transmisi otomatis, hal serupa juga bisa dilakukan apalagi jika transmisinya memiliki model manual.

Khusus untuk mobil transmisi manual, saat menurunkan gigi perseneling, jangan lepas kopling. Tapi, mainkan kopling, setelah memindahkan gigi kembali injak kopling, dan ulangi beberapa kali.

Selain itu, bisa juga menanfaatkan rem tangan tetapi jangan langsung menarik tuas rem tersebut. Lakukan secara bertahap dan halus karena yang paling penting adalah mengurangi kecepatan laju mobil.

Cara lain, Anda juga bisa mencari sesuatu yang sekiranya bisa menghentikan laju kendaraan dengan aman dan selamat. Sebagai contoh, gundukan tanah atau pembatas jalan, tetapi ada teknik tertentu yang dilakukan agar tidak mencederai orang yang ada di dalam mobil atau membuat mobil menjadi hilang kendali.

Misal, jangan langsung menabrak frontal atau bagian depan tetapi bisa dilakukan dengan cara menyerempetkan bagian samping atau menyenggol untuk mengurangi kecepatan mobil.