Jangan Sembarangan, Bawa Anjing Naik Mobil Tidak Mudah

Monday, 13 February 2017

Sebagian orang suka mengajak anjingnya jalan-jalan menggunakan mobil. Meskipun  terlihat mudah, namun sebenarnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Khususnya yang menyangkut dengan keselamatan dan kenyamanan anjing tersebut.

Daya tahan tubuh anjing berbeda dengan manusia. Tiap anjing juga berbeda daya tahan tubuhnya. Saat berada di dalam mobil, dengan AC menyala dan suhu yang dingin, belum tentu anjing bias tahan. Sesekali buka kaca jendela agar sirkulasi udara lebih bersahabat. Usahakan tidak terlalu lebar, agar anjing tidak mengeluarkan kepalanya dari jendela mobil.

Entah besar atau kecil, Anda tidak disarankan untuk memangku anjing selama menyetir. Lebih baik buat dia nyaman berada di bangku penumpang belakang, sehingga tidak mengganggu konsentrasi Anda yang sedang menyetir.

Cuaca panas dan macet bias membuat anjing menjadi depresi dan dehidrasi. Maka itu, bawa persediaan makanan dan minuman

Jika Anda melakukan perjalanan jauh dan anjing sudah terlihat mulai depresi. Sebaiknya parkir mobil Anda di tempat yang teduh, lalu ajaklah anjing jalan-jalan dengan rute yang pendek. Beri dia makan dan minum. Bisa saja anjing Anda terlihat depresi karena ingin buang air besar atau air kecil.

Terakhir, jangan pernah meninggalkan anjing berada di dalam mobil sendirian. Jika Anda butuh mampir ke tempat di mana anjing dilarang masuk, lebih baik ikat anjing di luar mobil. Cari tempat yang aman dan nyaman untuk mengikat anjing.