Jangan Tinggalkan 5 Benda Ini Di Mobil, Bahaya!

Friday, 16 September 2016

Larangan meninggalkan barang bawaan di dalam mobil, tidak hanya untuk keamanan mobil, mencegah kriminal atau tangan jahil beraksi. Tapi untuk keselamatan mobil juga. Apalagi kalau area parkir di bawah terik matahari. Potensi bahayanya makin tinggi, karena suhu di dalam mobil juga makin meningkat. Bisa mencapai 2 kali lipat suhu di luar loh. Karena itu, sebelum meninggalkan mobil parkir berlama-lama, sebaiknya cek lagi. Pastikan diantara benda di bawah ini, tak ada yang masih tertinggal di dalam mobil. 

Korek Gas
Pemantik berbahan bakar gas ini jangan sampai ditinggal di dalam mobil ketika parkir di bawah terik matahari. Bahan bakar gas dengan wadah berbahan plastik jika kena panas akan meningkatkan tekanan gas dan melelehkan plastiknya. Bahkan jika panas dalam mobil mencapai 100 derajat, bisa meledak dan terlempar keluar hingga memecahkan kaca. 

Gadget
Barang elektronik dan gadget yang harganya lumayan mahal, jangan sampai ketinggalan di mobil. Misalnya, kamera digital, smartphone, MP3 Player, GPS dan lainnya. Pasalnya selain mengundang kejahatan dengan memecahkan kaca mobil, juga bikin rusak benda tersebut. Sebab benda-benda elektronik rata-rata tidak tahan terhadap panas di kabin yang berlebihan, terutama baterainya.  Baterai yang digunakan sebagai sumber energi pada gadget dapat mengalami kebocoran karena panas. 

Botol Minuman Plastik
Botol minuman plastik dapat dengan mudah meleleh di dalam mobil dan diparkir di bawah terik matahari. Bahkan apabila botol minuman itu terisi air, sebaiknya jangan dilanjutkan meminumnya. Karena reaksi kimia dari plastik yang tertinggal di dalam mobil ikut larut ke dalam air minum dan bisa membahayakan tubuh. 

Lipstik, Crayon, Coklat 
Biasanya ini dialami pengendara cewek yang doyan berdandan di dalam mobil. Sering bawa anak dan mainannya, serta coklat kesukaan anak. Hati-hati, lipstik, crayon dan coklat yang tertinggal di mobil, bisa meleleh. Saat mobil diparkir di lokasi yang panas, suhu kabin meningkat dan melelehkan lipstik, crayon dan coklat. Hal ini bisa mengotori kabin mobil dan meninggalkan noda yang susah dibersihkan. 

Minuman Soda
Ini salah satu benda paling populer yang bahaya diletakkan di dalam mobil dengan suhu kabin panas. Panas menyebabkan penumpukan tekanan dan bisa mengakibatkan kaleng minuman soda meledak. Minuman berkarbonasi sebaiknya dijaga dalam suhu kamar atau dingin. Peningkatan suhu di luar kaleng akan mengakibatkan peningkatan suhu minuman di dalamnya dan meningkatkan tekanan ke dan meledak. Repot bersih-bersih lagi kan kalau sampai meledak dan membanjiri kabin...