Jarum Indikator BBM Tidak Akurat? Telusuri Penyebabnya

Wednesday, 22 February 2017

Segala indikator pada mobil harus bisa menunjukkan suatu kondisi dengan akurat. Apalagi indikator penunjuk bahan bakar. Jika indikator tidak akurat, bisa-bisa mobil Anda mogok karena kehabisan bensin saat sedang berada di tengah perjalanan.

Masalah ini sering ditemui pada mobil-mobil lama, karena mobil produksi terbaru kebanyakan sudah menggunakan indikator digital. Biasanya mulai akan terjadi pada mobil-mobil yang sudah berusia 5 tahun ke atas.

"Penyebabnya adalah pelampung yang ada di dalam tangki. Di pelampung terdapat kumparan. Jika indikator tidak berfungsi secara maksimal berarti kumparan tersebut sudah mulai lemah atau berkarat. Kumparan tersebut tidak mampu lagi menggerakkan jarum sesuai instruksi kumparan yang ada di pelampung," jelas Toha, mekanik bengkel Pit Stop di Jakarta Timur, seperti dilansir dari Metrotvnews.com.

"Andai masalah itu sampai terjadi, pelampung yang ada di tangki harus diperiksa. Pelampung masih diperbaiki jika belum rusak parah.  Tapi sebaiknya diganti dengan yang baru bila sudah tidak layak. Tujuannya agar Anda lebih aman berkendara," tutup Toha.