Jenis Dongkrak Apa Yang Ada di Mobil Anda?

Tuesday, 07 November 2017

Setiap pabrikan selalu menyediakan dongkrak sebagai peralatan standar yang ada di mobil. Dongkrak merupakan perkakas yang fungsinya untuk mengangkat bodi mobil seperti saat melakukan penggantian ban atau melakukan pengecekan di bagian bawah mobil.

Umumnya, dongkrak yang menjadi standar mobil disesuaikan dengan jenis mobil itu sendiri. Tapi secara umum, dongkrak terbagi menjadi dua macam yaitu hidrolik dan mekanik. Dongkrak hidrolik, gaya akan diteruskan dengan perantara zat cair. Sementara pada dongkrak mekanik, gaya akan diteruskan dan diperbesar melalui roda gigi ke batang gigi.

Untuk mobil, pabrikan memilih dongkrak hidrolik sebagai standarnya. Berikut adalah beberapa jenis dongkrak yang biasa ditemui dipasaran:

 

1. Dongkrak Botol

Jenis dongkrak ini masuk sebagai dongkrak hidraulik karena bentuknya menyerupai botol. Fisiknya cukup mungil sehingga lebih mudah untuk dibawa dan tidak membutuhkan tempat yang besar.

Dongkrak botol dilengkapi tuas untuk mengangkat mobil. Untuk menurunkan, cukup memutar sebuah katup di bagian bawah sehingga sistem hidraulik dengan perlahan akan kehilangan tekanan dan beban akan turun. Dongkrak botol biasanya ditemui pada mobil MPV yang memiliki desain boxy atau SUV.

 

2. Dongkrak Gunting

Dongkrak ini biasa juga disebut sebagai dongkrak ketupat atau dongkrak jembatan. Gerakan naik atau turun dongkrak ini mirip dengan gunting dimana untuk menaikkan beban dapat memutar tuas searah jarum jam. Langkah sebaliknya digunakan untuk menurunkan beban.

Dongkrak gunting tidak menggunakan cairan, sehingga tidak termasuk dalam dongrak hidrolik. Efek positifnya, tidak perlu kuatir terjadi kebocoran oli saat beban terangkat. Negatifnya adalah diperlukan tenaga ekstra untuk mengangkat beban ke posisi lebih tinggi. City car atau sedan adalah jenis mobil yang biasanya dilengkapi dengan dongkrak gunting. 

 

3. Dongkrak Buaya

Dongkrak buaya memakai sistem hidraulik untuk mengangkat beban. Akan tetapi cara mengangkat beban dongkrak ini sangat mirip dengan membukanya mulut buaya sehingga dinamakan dongkrak buaya. Dongkrak buaya menjadi dongkrak yang paling mudah digunakan karena menggunakan tuas panjang sehingga mudah memasukkan ke dalam kolong mobil, mudah dipindahkan karena dongkrak ini memiliki empat roda, penggunaannya ringan karena menggunakan sistem hidraulik.

Kekurangan dongkrak buaya adalah harganya yang mahal dan dimensinya besar sehingga kurang praktis. Dibutuhkan tempat cukup besar untuk menyimpan dongkrak buaya sehingga dongkrak tipe ini jarang dibawa kemana-mana.