Jurus ‘Adem’ Parkir di Tempat Panas

Tuesday, 02 August 2016

Hari ini datang kesiangan dan enggak kebagian parkir favorit dengan atap pelindung? Parkir di tempat panas memang kadang tak terelakkan. Agar mobil enggak merana, kondisi seperti ini mesti dihadapi dengan trik pintar. Bukan hanya menjaga keselamatan dan kenyamanan, tetapi juga keawetan kendaraan. Terutama karet-karet dan interior mobil. 

Karet-karet mobil yang sering kena panas, akan cepat kaku dan keras. Saat parkir di tempat panas, angkat wiper agar tidak menempel pada kaca.  Karet wiper yang menempel pada kaca yang panas akan menyebabkan karet tidak lurus dan mudah keras dan bisa membuat goresan pada kaca. 

Periksa barang-barang di dalam kabin. Jangan sampai ada barang berbahaya, seperti cairan bertekanan yang rawan meledak jika terkena pada suhu panas. Singkirkan benda-benda seperti korek api gas, minuman kalengan bersoda atau obat-obat cair dengan peringatan ‘simpan di tempat sejuk’. Risikonya, dari meledak, tumpah atau tak bisa diminum lagi karena berubah secara kimia. 

Untuk meminimalkan udara panas masuk ke dalam kabin, pasang kaca film. Memasang kaca film tidak hanya membuat pengendara nyaman. Tetapi juga akan melindungi interior mobil yang terbuat dari plastik dan kulit. Termasuk kerja AC jadi tidak terlalu berat dan lebih awet.