Kaki Dilarang Naik Dasbor, Bahaya!

Monday, 12 September 2016

 
Saat ini kebanyakan mobil memang telah dilengkapi dengan sistem pengaman airbag, namun bukan berarti Anda  sebagai penumpang sudah merasa aman. Jaga tingkah laku Anda  ketika berkendara. Meskipun sebagai penumpang, jangan sekali-kali untuk meletakan kaki Anda  di area dashboard jika tidak mau celaka. 

Seperti yang dialami oleh Bethany Benson, asal Michigan, Amerika Serikat. Seperti dilansir dalam www.driving.ca, ia tidak menduga bahaya yang akan menimpanya saat menaruh kaki di dashboard saat berkendara bersama pacarnya, pertengahan tahun 2010. Karena kaki tersebut diletakan di dashboard, dan saat itu terjadi kecelakaan di depan mobilnya, ia pun tidak bisa melakukan antisipasi. Apa yang terjadi?
 
Setelah kejadian kecelakaan tersebut, Bethany pun mengalami cedera yang cukup parah. Ia menderita luka parah pada bagian kaki dan wajah. Kakinya terhimpit dan mengecil hingga 2 ukuran, penglihatan, pendengaran, ingatan dan kemampuan kognitifnya memburuk karena pendarahan otak.

Hal ini disebabkan karena kaki yang ia letakkan di dashboard menghalangi airbag yang akan mengembang. Seketika itu pula kaki akan terhempas ke wajah sesuai kecepatan airbag mengembang, 320 km/jam. Bisa Anda  bayangkan apa yang akan terjadi ketika kecepatan airbag mengembang 320 kpj itu menghantam kaki Anda ?
 
Saat airbag mengembang tersebut, kaki juga akan terlontar ke arah wajah dalam kecepatan yang sama. Kebayang kan, dihantam benda keras dalam kecepatan 320 km/jam. Setara dengan mobil F1! 

Duduk sopan itu perlu, demi kenyamanan dan keselamatan.