Kapan Waktunya Cek Komponen Fast Moving pada Mobil?

Monday, 18 March 2019

Masing-masing mobil memiliki ribuan komponen, mulai yang sifatnya ringan hingga berat. Bahkan, ada kategori yang disebut komponen fast moving, dan komponen slow moving, yang secara arti, yaitu komponen yang pergantiannya lebih cepat hingga yang jangka waktu lama.

Fokus kali ini, akan membahas tentang komponen fast moving pada mobil. Tentunya masing-masing model memiliki suku cadang fast moving, lantas, bagaimana cara mengetahui dan mengecek kondisinya?

Pada umumnya, suku cadang fast moving itu akan diganti mengikuti jadwal perawatan periodik dari mobil di bengkel resmi. Misal, setiap 10.000 km atau 20.000 sekali, ada komponen yang harus diganti. Sebagai contoh, kampas rem, filter udara, filter oli, hingga busi.

Jadi waktu terbaik mengecek komponenkomponen itu masih bisa bekerja normal atau tidak, ketika melakukan perawatan berkala di bengkel resmi. Sebab, setiap bengkel memiliki patokan tersendiri ketika ingin mengganti komponen fast moving.

Tidak semua komponen fast moving diganti dalam waktu bersamaan, tetapi biasanya bergantian, misalnya filter oli setiap 10.000 km, filter udara setiap kelipatan 20.000 km, dan seterusnya.

Jadi, alangkah baiknya untuk mengetahui kondisi suku cadang tersebut, sering-sering melakukan perawatan atau servis berkala di bengkel resmi.

Selain mobil menjadi lebih sehat, Anda juga tentunya akan merasa lebih aman dan nyaman selama di perjalanan, baik sekedar jarak pendek ataupun ketika melakukan perjalanan jarak jauh ke luar kota.