Kapan Waktunya Untuk Mengganti Oli Matik?

Saturday, 05 May 2018

Pemilik kendaraan bermotor wajib melakukan perawatan berkala untuk memelihara kondisi mobil. Salah satunya, khusus untuk mobil dengan transmisi otomatis, wajib mengetahui waktu kapan harus mengganti oli matik, guna membuat segi pelumasan tetap terjaga dengan baik.

Sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh masing-masing pabrikan, maka sebaiknya oli transmisi matik itu diganti setiap 40.000 km atau 60.000 km, tergantung masa pakai dari mobilnya itu sendiri.

Jika mobil tersebut sering digunakan dan selama di jalan selalu kena macet, maka disarankan untuk lebih cepat lagi, misal setiap 20.000 km harus sudah diganti. Tetapi apabila jarang digunakan masih aman untuk diganti setiap 40.000 km atau 60.000 km.

Peran oli pada transmisi itu begitu penting karena untuk melumasi seluruh komponen yang berada di dalam gearbox. Selain itu oli transmisi otomatis juga bekerja dalam tekanan tinggi saat beroperasi.

Apabila sering dirawat atau diganti sesuai dengan rekomendasi, maka bisa meningkatkan sekaligus proteksi terhadap sistem transmisi otomatis mobil agar bisa berjalan dengan baik.

Jadi sebaiknya buat pengguna mobil matik usahakan selalu mengganti oli transmisi matik sesuai dengan yang direkomendasikan. Sebab jika tidak, pelumasan di gearbox menjadi tidak maksimal dan transmisi akan rusak sebelum waktunya. Biaya perbaikan atau penggantian transmisi otomatis ini pun tidak murah, jadi lebih baik dirawat dengan baik ya.