Kelamaan Macet, Bisa Bikin Penyakit

Saturday, 03 September 2016

 
Orang sering mengira bahwa ketika berada di dalam mobil dengan posisi macet, maka tidak akan terkena polusi. Hal tersebut rupanya salah, baru-baru ini ada sebuah studi yang yang dilakukan Universitas Surrey, Inggris, menunjukan bahwa sering menghadapi kondisi macet bisa menyebabkan orang sakit. 

Hal ini dikarenakan tingkat polusi di dalam mobil macet bisa mencapai 40 persen lebih banyak ketika mobil yang sedang berjalan.Jika dipikir secara logika, alasan tersebut ada benarnya juga, pasalnya dalam keadaan stuck di satu tempat, secara tidak sadar mobil anda akan menyalurkan polusi dari luar mobil ke kabin. 

Seperti dilansir dari cnet.com, ada cara yang jitu untuk menghindari polusi ketika sedang macet. Dalam laman tersebut disebutkan bahwa untuk mengantisipasinya anda tidak disarankan untuk buka jendela, dan Air Conditioning harus dalam keadaan mati.
 
Wah kebayang ya panasnya seperti apa. Namun cara ini dianggap jitu karena tidak ada aliran udara yang masuk melalui sistem pendingin mobil anda. Namun cara lainnya pun ada, yakni untuk menghindari jalanan macet dengan mencari alternatif lain dan mengenal situasi macet dengan waktu. Jadi ketika anda melintas, kemacetan sudah sedikit terurai.
 
Selain menyebabkan masalah kesehatan, ada dampak yang kurang baik bagi kendaraan, salah satunya adalah temperatur mesin yang naik secara signifikan. Selain itu, dampak lainnya adalah tingkat bahan bakar yang menjadi lebih boros ketika berada di tengah kemacetan.