Kenali Jenis Speaker Mobil

Monday, 13 June 2016

Hyundai Lovers, ada banyak macam tipe dan merek speaker yang dapat anda pilih untuk instalasi di mobil Anda. Namun sebelumnya anda harus memahami jenis speaker tersebut. Speaker dibagi menjadi dua kategori utama, yaitu full range dan component.

Jenis speaker full range memiliki semua elemen speaker seperti midbass, tweeter, dan woofer dalam satu wadah. Jika ingin mengganti speaker bawaan mobil tanpa repot instalasi rumit maka Anda bisa menggunakan jenis speaker ini.

Sementara component speaker merupakan speaker jenis midbass dan tweeter yang dipasang secara terpisah dan didesain dengan tepat untuk menghasilkan kualitas suara yang baik. Tweeter dapat ditempatkan pada posisi yang sekiranya tepat untuk bisa menghasilkan kualitas suara yang baik di dalam mobil. Peletakan pada posisi yang tepat akan menghasilkan suara lebih realistis dan memiliki kedalaman suara yang lebih baik dibanding speaker full range.

Crossover pada sistem component speaker dibuat terpisah untuk masing-masing tweeter dan woofer. Pada component speaker biasanya terbuat dari bahan yang lebih baik dibandingkan speaker full range sehingga mampu memberikan suara yang lebih detail.

Sebelum belanja speaker mobil, ada faktor yang harus dipertimbangkan terutama ukuran dan jenis speaker yang digunakan. Faktor lainya adalah koneksi kabel serta output daya dan respon frekuensi dari speaker itu. Faktor tersebut mungkin tidak penting untuk pada waktu awal sebelum membeli.

Tetapi dengan keputusan lain yang mesti dilakukan faktor ini turut menentukan kualitas suara musik yang didengarkan secara keseluruhan. Sedangkan istilah kualitas suara paling bagus dari speaker bersifat  subjektif karena sebagian orang berbeda mendengarkan musik yang sesuai dengan selera. Pengguna harus membuat keputusan tepat untuk membeli produk yang sesuai.